Crowd Free Night di Kawasan Sudirman-Thamrin, Banyak Pengendara Diputarbalik

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 11 Sep 2021 02:44 WIB
Crowd Free Night di Kawasan Sudirman-Thamrin
Foto: Crowd Free Night di Kawasan Sudirman-Thamrin (Yogi-detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya hari ini menerapkan kebijakan crowd free night dari pukul 00.00 WIB hingga pukul 04.00 WIB. Sejumlah pengendara diputarbalik petugas saat mencoba memasuki kawasan crowd free night.

Salah satunya terjadi di titik crowd free night Sudirman-Thamrin. Petugas membuat titik penyekatan di daerah Bundaran Senayan.

Jalur menuju kawasan Sudirman-Thamrin didirikan sekat pembatas. Petugas pun nampak berjaga di lokasi.

Pantauan detikcom di Bundaran Senayan, Sabtu (11/9/2021) sekitar pukul 02.20 WIB, dua orang petugas secara bergiliran mengawasi lalu lintas di lokasi. Tiap kendaraan yang mengarah dari Blok M ke Sudirman-Thamrin diputarbalikan petugas.

Beberapa pengendara nampak masih kaget dengan larangan tersebut. Para pengendara itu meminta dibukakan akses oleh petugas ke Sudirman-Thamrin.

"Kok ditutup Pak?," tanya salah satu pengendara di lokasi.

"Kebijakan crowd free night. Dibuka lagi nanti jam 4," timpal petugas.

Petugas awalnya bakal memeriksa keperluan pengendara. Ketika dipastikan pengendara itu tidak dalam keperluan darurat dan warga sekitar lokasi, pengendara bakal segera diputarbalik.

Untuk diketahui, kegiatan crowd free night sendiri bakal berlangsung di empat titik. Titik itu mulai dari Sudirman-Thamrin, kawasan SCBD, kawasan Asia-Afrika, hingga kawasan Kemang.

Crowd free night dimulai dari pukul 00.00 WIB hingga pukul 04.00 WIB. Nantinya jalan-jalan di lokasi tersebut bakal disterilkan dari pengendara.

"Jam 24.00 WIB sampai dengan pukul 04.00 WIB itu akan kita filterisasi penuh. Filterisasi ketat yang kita perbolehkan melintas hanyalah darurat, tamu hotel, dan orang yang bertempat tinggal atau penghuni di kawasan tersebut," ungkap Sambodo di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (6/9).

Ada alasan pemilihan empat lokasi itu dijadikan titik crowd free night. Empat lokasi itu dianggap menjadi titik yang kerap ditemukan adanya pelanggaran protokol kesehatan.

"Di tempat-tempat keramaian di SCBD, di Kemang dan sebagainya kemudian Asia-Afrika, karena di situ sering digunakan untuk balapan liar dan sebagainya ya. Lalu Sudirman-Thamrin karena itu jalan protokol yang jadi ilon pelaksanaan PPKM level 3 di Jakarta," pungkas Sambodo.

Lihat juga video 'Dua Provinsi Ini Masih Menerapkan PPKM Level 4':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/dwia)