Heboh Penemuan Dua Benda Mirip Jenglot Di Sumut

Ahmad Fauzi Manik - detikNews
Sabtu, 11 Sep 2021 01:11 WIB
Benda Diduga Jenglot Ditemukan di Sumut (dok.istimewa)
Foto: Benda Diduga Jenglot Ditemukan di Sumut (dok.istimewa)
labuhanbatu -

Penemuan benda yang diduga jenglot menghebohkan warga di Desa Tebing Tinggi Pangkatan, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut). Jenglot diyakini merupakan makhluk gaib dengan konotasi menyeramkan yang dapat mengundang bencana.

"Menurut informasi warga yang dapet (menemukan) itu, anak-anak di ladang (kebun) warga," kata Kepala DesaTebing Tinggi Pangkatan, Suwanto, ketika dikonfirmasi, Jumat (10/9/2021).

Suwanto mengatakan benda tersebut ditemukan oleh seorang anak laki-laki bernama Janu Ferdiansyah, pada Kamis (9/9). Ketika itu Janu bersama temannya sedang mengangon kan (mengembala) ternaknya di sekitar perkebunan warga.

Bersama temannya, Janu langsung melaporkan temuan itu kepada warga lainnya. Hingga kemudian berita ini pun menyebar di masyarakat.

Kemudian benda diduga jenglot itu diambil seseorang yang merupakan rekan si pemilik kebun, tempat di mana ditemukannya benda tersebut. Menurutnya benda tersebut jatuh dari pelepah sawit di kebun milik temannya itu.

"Setelah itu si pemilik lahan panggil kawannya orang Aek Kanopan. Kemudian orang itu membawa jenglot itu, katanya ke Aek Kanopan. Katanya itu jatuh dari pelepah sawit," jelas Suwanto.

Janu Ferdiansyah mengatakan saat menemukan benda itu, dia sedang bermain bersama temannya disela-sela menunggui ternaknya yang sedang merumput. Dia mengaku menemukan dua buah benda yang diduga jenglot tersebut.

"Ciri-cirinya (jenglot) hitam, sebesar lengan anak bayi, ada taringnya. Rambutnya panjang nutupin badannya," katanya.

Setelah ditemukan Janu lalu menyampaikan hal ini kepada orangtua kawannya. Hingga kabar ini kemudian tersebar luas di masyarakat.

Lihat juga video 'Melihat Koleksi Jenglot di Museum Galuh Imbanagara Ciamis':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/dwia)