detikcom Do Your Magic

Buang Sampah di Kali Busa Tambun Utara Diancam Penjara-Denda Rp 50 Juta

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Jumat, 10 Sep 2021 12:09 WIB
Eskavator angkut sampah di Kali Busa, Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.
Pengangkutan sampah di Kali Busa, Desa Satriamekar, Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, 10 September 2021. ( Azhar/detikcom)
Bekasi -

Pemerintah Kabupaten Bekasi memasang spanduk larangan buang sampah di Kali Busa, Tambun Utara, Bekasi. Pasalnya, di kali ini telah tertumpuk sampah sekitar 200 meter panjangnya.

"Kabupaten Bekasi Berani. Jangan Buang Sampah Sembarangan. Dikenakan Tindak Pidana," demikian bunyi spanduk yang terpasang di lokasi pada Jumat (10/9/2021).

Lokasi tumpukan sampah di permukaan Kali Busa ada di Desa Satriamekar, sebelah utara permukiman, yakni di tengah sawah menjelang jembatan. Spanduk dipasang di pagar jembatan. Di spanduk itu juga tertera ancaman pidana bagi pelanggarnya. Orang yang buang sampah di Kali Busa ini (dan juga kali lainnya) bisa dibui setengah tahun dan denda puluhan juta rupiah.

"Berdasarkan Perda Kabupaten Bekasi Nomor 4 Tahun 2012, dikenakan pidana kurungan paling lama 6 (enam) bulan atau denda paling banyak sebesar Rp 50.000.000,00," demikian bunyi spanduk ini.

Spanduk ini dipasang UPTD Pengelolaan Persampahan Wilayah II. Di spanduk itu ada foto Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi Abdul Rofiq, dan Kepala UPTD Pengelolaan Persampahan Wilayah II Sumardi. Spanduk itu terpasang di jembatan yang amblas ini.

Spanduk di jembatan Kali Busa, Desa Satriamekar, Tambun Utara, Bekasi, 10 September 2021. (Azhar BR/detikcom)Spanduk di jembatan Kali Busa, Desa Satriamekar, Tambun Utara, Bekasi, 10 September 2021. (Azhar BR/detikcom)

Petugas Dinas Lingkungan Hidup juga sudah mulai mengangkut sampah-sampah yang menumpuk itu. Pemerintah juga sudah mengerahkan 1 unit ekskavator untuk mempercepat proses pembersihan ini.

Sebelumnya, pengangkutan sampah ini ditargetkan selesai dibersihkan dalam waktu tiga hari ke depan. Volume sampah itu diperkirakan 50 kubik.

"Ya insyaallah hari ini kita akan membersihkan semua. Mungkin memakan waktu tiga hari. Dengan kubikasi sekitar 50 kubik," kata Camat Tambun Utara Najmuddin, di lokasi, Jumat (10/9).

Najmuddin mengatakan pihaknya telah mengerahkan sebanyak 30 anggota untuk pembersihan. Terdapat juga satu unit ekskavator.

"Petugas ada 30 dari Dinas Lingkungan Hidup Wilayah II," ujar Najmuddin.

Selanjutnya, Najmuddin menyebut alat-alat dinas di Kabupaten Bekasi memang terbatas. Akhirnya Najmuddin bersama Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) berinisiatif menyewa beberapa alat.

Tonton video 'Sampah di Kali Busa Bekasi Dibersihkan, Target Bersih 3 Hari':

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/dnu)