PPKM Level 4 Artinya Apa? Ini Aturan dan Daftar Daerahnya

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Jumat, 10 Sep 2021 17:20 WIB
PPKM Level 4 Artinya Apa? Ini Aturan dan Daftar Daerahnya
Ilustrasi PPKM (Denny/detikcom)
Jakarta -

PPKM level 4 artinya apa? Pertanyaan ini muncul ketika pemerintah menerapkan PPKM sejak COVID-19 masuk ke Indonesia. Untuk menjawab pertanyaan PPKM level 4 artinya apa, simak penjelasan di bawah ini.

PPKM Level 4 Artinya: Maksud dan Aturannya

PPKM merupakan singkatan dari pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat. PPKM berperan untuk membatasi mobilitas masyarakat, sehingga penyebaran virus COVID-19 dapat diminimalisasi.

Adapun PPKM level 4 artinya berlandaskan pada rekomendasi World Health Organization (WHO). WHO menyebutkan kategori level 4 dikhususkan untuk wilayah yang kasus aktifnya mencapai 150 kasus per 100 ribu penduduk, lebih dari 30 kasus dirawat di rumah sakit per 100 ribu penduduk, serta lebih dari 5 kasus meninggal per 100 ribu penduduk.

PPKM Level 4 Artinya: Apa Saja Aturannya?

Pertanyaan mengenai PPKM level 4 artinya sudah terjawab. Selanjutnya, penting untuk mengetahui aturan PPKM level 4. Ada dua aturan berbeda terkait PPKM level 4 yakni melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) No 39 Tahun 2021 dan No 40/2021.

Aturan PPKM Sesuai Inmendagri 39/2021

Aturan PPKM level 4 di wilayah Jawa Bali memuat beberapa hal, yaitu:

  1. Pembelajaran Tatap Muka (PTM) masih dilarang. Proses belajar-mengajar masih harus dilakukan dengan jarak jauh.
  2. Supermarket, pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hati dapat beroperasi hingga pukul 21.00 waktu setempat dengan kapasitas pengunjung 50 persen.
  3. Pasar rakyat beroperasi dengan kapasitas 50 persen dan jam operasional hingga pukul 17.00 waktu setempat.
  4. Pedagang kaki lima, toko kelontong, agen/outlet voucher, barbershop/pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan lain-lain yang sejenis diizinkan buka hingga pukul 21.00 waktu setempat.
  5. Warung makan, warteg boleh buka hingga pukul 20.00 waktu setempat. Maksimal pengunjung makan di tempat 3 orang dengan waktu makan maksimal 30 menit. Untuk restoran/kafe yang berada di mal maupun lokasi tertutup hanya menerima delivery. Sementara untuk di area terbuka diizinkan dibuka hingga pukul 20.00 waktu setempat dengan kapasitas maksimal 25 persen, satu meja maksimal 2 orang dan waktu makan maksimal 30 menit.
  6. Mall dan pusat perdagangan ditutup sementara.
  7. Di Bali, kegiatan mal dan pusat perdagangan dilakukan uji coba dengan kapasitas 50 persen pada pukul 10.00-21.00 waktu setempat
  8. Tempat ibadah dibuka dengan maksimal 50 persen kapasitas
  9. Fasilitas umum hingga kegiatan seni, olahraga masih ditutup sementara.

Aturan PPKM Sesuai Inmendagri 40/2021

Dalam penerapan PPKM level 4 di luar Jawa Bali, berikut ini aturannya:

  1. Pembelajaran tatap muka (PTM) masih dilarang. Proses belajar-mengajar masih harus dilakukan dengan jarak jauh.
  2. Supermarket, pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari dapat beroperasi hingga pukul 20.00 waktu setempat dengan kapasitas pengunjung 50 persen.
  3. Pasar rakyat, pedagang kaki lima, toko kelontong, agen/outlet voucher, barbershop/pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan lain-lain yang sejenis diizinkan buka sesuai protokol kesehatan dan aturan di tiap daerah
  4. Warung makan, warteg boleh buka dengan protokol kesehatan.
  5. Restoran/rumah makan dan kafe dapat melayani dine in hingga pukul 20.00 waktu setempat, kapasitas 25 persen pengunjung dengan 2 orang per meja.
  6. Mal dan pusat perdagangan dibuka dengan kapasitas 50 persen mulai pukul 10.00-20.00 waktu setempat dengan menerapkan aplikasi PeduliLindungi.
  7. Tempat ibadah dibuka dengan maksimal 25 persen kapasitas
  8. Fasilitas umum hingga kegiatan seni, olahraga diizinkan beroperasi 25 persen kapasitas.
  9. Resepsi pernikahan dan hajatan diizinkan dengan maksimal 25 persen kapasitas dan tidak menyediakan hidangan makan di tempat.

Selanjutnya, soal daftar daerah yang melaksanakan PPKM level 4 di Jawa Bali dan Luar Jawa Bali.