Semarang PPKM Level Berapa? Ini Informasi Terbarunya

Arinta Putri Anggraini - detikNews
Jumat, 10 Sep 2021 15:13 WIB
Seorang tukang becak menanti penumpang di kawasan wisata Cagar Budaya Kota Lama, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (1/7/2021). Pemerintah berencana menerapkan PPKM Darurat pada 3 - 20 Juli mendatang di 48 Kabupaten/Kota berstatus pandemi level 4 dan 74 Kabupaten/Kota berstatus pandemi level 3 di Pulau Jawa dan Bali, dengan sejumlah aturan pengetatan aktivitas masyarakat di tempat publik guna menurunkan penambahan kasus aktif COVID-19. ANTARA FOTO/Aji Styawan/aww.
Ilustrasi kondisi Semarang (ANTARA FOTO/AJI STYAWAN)
Jakarta -

Semarang PPKM level berapa saat ini perlu diketahui usai pemerintah mengumumkan perpanjangan status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di wilayah Jawa Tengah. Aturan pembatasan kegiatan ini masih tetap disesuaikan dengan status level PPKM tiap daerah di Jawa Tengah, termasuk Kota Semarang.

Diketahui, dalam konferensi pers pada 6 September 2021, pemerintah mengumumkan bahwa status PPKM Jawa-Bali akan kembali diperpanjang. PPKM berlangsung mulai 7 hingga 13 September 2021.

Untuk mengetahui Semarang PPKM level berapa, simak informasinya di bawah ini.

Semarang PPKM Level Berapa, Ini Isi Inmendagri 39/2021

Pertanyaan Semarang PPKM level berapa dapat diketahui jawabannya melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagari) Nomor 39 Tahun 2021. Di dalam instruksi tersebut, Kota Semarang masih menerapkan PPKM level 2. Dalam hal ini, masih sama dengan level PPKM pekan sebelumnya.

Aturan Baru PPKM Level 2

Semarang PPKM level berapa jawabannya sudah terjawab, yaitu masih berada di PPKM level 2. Kini simak beberapa aturan yang diterapkan sesuai Imnendagri Nomor 39 Tahun 2021.

Sekolah Tatap Muka

Berstatus Semarang masih ada di level 2 PPKM, sekolah di Semarang sudah dibolehkan melakukan pembelajaran tatap muka dengan kapasitas 50%. Namun, ada pengecualian untuk:

  1. SDLB, MILB, SMPLB, SMLB, dan MALB maksimal 62% sampai dengan 100% dengan menjaga jarak minimal 1,5meter dan maksimal 5 peserta didik per kelas;
  2. PAUD maksimal 33% dengan menjaga jarak minimal 1,5meter dan maksimal 5 peserta didik per kelas

Waktu Dine-in Ditambah
Waktu dine-in di wilayah Semarang dan wilayah lainnya yang menerapkan PPKM level 2 ditambah oleh pemerintah. Sesuai dalam aturan Inmendagri Nomor 39 Tahun 2021, dine-in maksimal 50 persen dengan durasi 60 menit.

Jam Operasional Mal Lebih Lama
Jam operasional mal di wilayah PPKM level 2 juga diperpanjang mulai 7 September 2021. Mal boleh beroperasi sampai pukul 21.00 waktu setempat. Dengan syarat pengunjung sudah divaksinasi minimal dosis satu.


Semarang PPKM Level Berapa dan Sederet Status Daerah Lain di Jawa Tengah

Merujuk pada Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagari) Nomor 39 Tahun 2021, Semarang masuk PPKM level 2. Berikut ini daftar status PPKM di daerah lainnya di Jawa Tengah:

  1. Kabupaten Banjarnegara
  2. Kabupaten Wonosobo
  3. Kabupaten Temanggung
  4. Kabupaten Tegal
  5. Kabupaten Rembang
  6. Kabupaten Pemalang
  7. Kabupaten Pati
  8. Kabupaten Kudus
  9. Kota Semarang
  10. Kota Pekalongan
  11. Kabupaten Kendal
  12. Kabupaten Semarang
  13. Kabupaten Pekalongan
  14. Kabupaten Jepara,
  15. Kabupaten Grobogan
  16. Kabupaten Blora
  17. Kabupaten Batang
  18. Kabupaten Demak
(izt/imk)