RI Kembali Kedatangan Vaksin: 973 Ribu AstraZeneca dan 639 Ribu Pfizer

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 10 Sep 2021 16:10 WIB
Vaksinasi Pfizer di Bekasi sudah dibuka di beberapa tempat. Vaksin itu pun dibuka untuk anak usia 12 tahun ke atas dan ibu hamil.
Ilustrasi vaksin (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Indonesia kembali kedatangan vaksin COVID-19. Vaksin yang datang adalah vaksin AstraZeneca dan vaksin Pfizer.

Kedatangan vaksin COVID-19 tahap ke-55 ini disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (10/9/2021). Menlu RI Retno Marsudi mengatakan sekitar 300 ribu dosis vaksin yang datang sore ini merupakan hasil jalur multilateral Covax Facility.

"Alhamdulillah, pada hari ini Indonesia kembali menerima kedatangan 358.700 dosis vaksin AstraZeneca," ujar Retno.

"Kedatangan ini adalah pengiriman tahap pertama dukungan kerja sama dose sharing dari pemerintah Prancis dari total komitmen sebesar 3 juta dosis," sambung Retno.

Selain itu, Retno mengatakan pemerintah terus membeli vaksin untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi nasional. Hari ini ada vaksin AstraZeneca dan vaksin Pfizer yang tiba di Indonesia.

"Hari ini telah tiba pula pembelian 615 ribu dosis vaksin AstraZeneca dan 639.990 dosis vaksin Pfizer. Jika dihitung dari titik ketibaan, maka jumlah vaksin yang telah tiba di Indonesia adalah 225.536.190 dosis vaksin," tutur Retno.

Retno kemudian berbicara mengenai ketimpangan distribusi vaksin di berbagai negara di dunia. Ada negara yang sudah melampaui target yang ditetapkan WHO dan ada juga negara yang masih berjuang untuk memenuhi target vaksinasi.

"Mari kita lihat angkanya di seluruh dunia 5,5 miliar dosis vaksin telah disuntikkan. Sekitar 80 persen di antaranya di high and upper middle income countries. WHO menargetkan 10 persen, sekali lagi 10 persen, populasi tiap negara telah divaksinasi hingga akhir bulan ini dan 40 persen populasi tiap negara pada akhir tahun ini. Target-target WHO ini dengan mudah dapat dicapai oleh negara berpenghasilan tinggi, 90 persen high income countries telah mencapai target vaksinasi 10 persen populasinya dan lebih dari 70 persen high income countries telah mencapai target 40 persen. Hingga kini kita lihat belum ada satu pun low income country yang dapat mencapai target 10 persen," beber Retno.

Simak Video: 358.700 Dosis Vaksin AstraZeneca dari Prancis Mendarat di RI

[Gambas:Video 20detik]



(knv/jbr)