Kebakaran Rumah Makan di Samarinda, 14 Karyawan Alami Luka Bakar

Muhammad Budi Kurniawan - detikNews
Jumat, 10 Sep 2021 13:42 WIB
Kebakaran rumah makan di Samarinda
Kebakaran rumah makan di Samarinda (Budi/detikcom)
Samarinda -

Sebanyak 14 karyawan mengalami luka bakar dalam kebakaran yang terjadi di salah satu rumah makan di Jalan Kadrie Oening, Samarinda Ulu, Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim). Kebakaran dipicu meledaknya tabung gas.

Kebakaran terjadi pada Jumat (10/9/2021) pukul 10.50 Wita. Kebakaran disebabkan oleh tabung gas yang bocor di area dapur. Saat itu 14 karyawan tengah memasak hidangan para pengunjung.

"Keterangan saksi, ada tabung gas yang bocor. Karena area dapur tertutup, para karyawan inisiatif masukkan tabung ke dalam drum, tapi mereka tidak tahu pemicu ledakan itu," ucap Kasubnit Inafis Polresta Samarinda Aipda Harry Cahyadi saat dihubungi, Jumat (10/9/2021).

Cahyadi menjelaskan 14 karyawan yang mengalami luka bakar telah dilarikan ke Rumah Sakit Samarinda Medika Citra. Tiga karyawan mengalami luka bakar di atas 60 persen.

"Dari 14 korban, 3 di antaranya mengalami luka di atas 60 persen, 10 lainnya mengalami luka bakar 15 persen, sedangkan satu sudah diperbolehkan pulang," jelasnya.

Api baru dapat dipadamkan kurang-lebih 40 menit kemudian, sekira pukul 11.30 Wita. Sebanyak 9 mobil Disdamkar dan relawan dikerahkan memadamkan kobaran api yang menghanguskan area dapur rumah makan.

"Dampak kebakaran hanya berada di area dapur rumah makan yang luasnya 4x6 meter," jelas juru bicara Damkar Samarinda, Herry Suhendra.

Herry menerangkan peristiwa kebakaran tidak melukai satu pun pengunjung karena lokasi dapur dan lokasi meja makan pengunjung berbeda tempat.

"Saat mendengar suara ledakan, para pengunjung bisa menyelamatkan diri, namun 14 karyawan yang ada di dapur semuanya menjadi korban," ungkapnya.

Hingga saat ini pihak kepolisian masih melakukan olah TKP guna memastikan pemicu ledakan tabung gas tersebut.

Lihat juga video 'Cerita di Balik Kebakaran Maut Lapas Tangerang':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/lir)