Paman Bocah Korban Pesugihan di Gowa Minta Perlindungan LPSK

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Jumat, 10 Sep 2021 13:26 WIB
Pesugihan di Gowa Sulsel Bikin Geger, Ini 4 Kabar Terbaru Kasusnya
Ilustrasi anak korban pesugihan orang tua (Edi Wahyono/detikcom)
Gowa -

Paman bocah korban pesugihan di Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), mengajukan permohonan perlindungan sebagai saksi ke Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). LPSK menyebut kemungkinan pihaknya juga akan memberi perlindungan kepada korban AP.

"Artinya belum tertutup kemungkinan bagi korban untuk dilindungi oleh kami. LPSK terus menjalin komunikasi dengan DP3A Kabupaten Gowa dan keluarga serta pengadilan terkait kemungkinan tersebut," jelas Wakil Ketua LPSK Edwin Partogi Pasaribu dalam keterangannya, Jumat (10/9/2021).

Dia mengatakan timnya telah bertemu dengan korban pesugihan dan pihak RSUD Syekh Yusuf, Gowa. Dari pertemuan tersebut didapati informasi Pemkab Gowa akan bertanggung jawab soal rehabilitasi medis maupun psikologi korban.

Edwin menyampaikan kondisi si bocah sudah membaik meski mengalami luka robek yang cukup panjang di mata kanan. Dokter RSUD Syekh Yusuf melakukan tindakan reposisi bola mata.

"Alhamdulillah penglihatan mata kanan korban masih bisa berfungsi. Kami sangat apresiasi tindakan tim dokter RSUD Syekh Yusuf dalam menyelamatkan penglihatan korban," ujar Edwin.

Atas adanya jaminan dari Pemkab Gowa, korban untuk saat ini belum mengajukan perlindungan kepada LPSK. Selain adanya jaminan dari Pemkab, korban pesugihan belum mengajukan permohonan perlindungan dikarenakan pihak DP3A maupun keluarga masih berembuk terkait perwalian anak.

Edwin menerangkan urusan perwalian penting karena, sebagai anak, perlindungan baru bisa diberikan jika ada persetujuan dari orang tua atau wali. Dalam kasus orang tua sebagai pelaku tindak pidana terhadap anaknya, permohonan bisa diajukan oleh wali.

Terkait ini, sambung Edwin, diatur dalam Pasal 29A UU Perlindungan Saksi dan Korban. Pada pasal yang sama dijelaskan bahwa LPSK dapat meminta penetapan pengadilan terkait perwalian korban dalam rangka pengajuan permohonan.

Meski korban belum mengajukan permohonan perlindungan, namun paman korban yang turut menjadi saksi peristiwa tersebut tetap mengajukan permohonan perlindungan berupa pemenuhan hak prosedural.

Simak juga video 'Bocah Korban Pesugihan Ortu Bakal Jalani Trauma Healing':

[Gambas:Video 20detik]



Simak penjelasan lengkap LPSK soal perlindungan paman korban dan perkembangan kasus di polisi di halaman berikutnya.