2 Korban Kebakaran Lapas Tangerang Operasi Debri Demang Kemarin, 1 Hari Ini

Nahda Rizki Utami - detikNews
Jumat, 10 Sep 2021 11:22 WIB
Kepala Instalasi Hukum Publikasi dan Informasi RSUD Kabupaten Tangerang, Hilwani (kanan) (Foto: Nahda/detikcom)
Foto: Kepala Instalasi Hukum Publikasi dan Informasi RSUD Kabupaten Tangerang, Hilwani (kanan) (Foto: Nahda/detikcom)
Tangerang -

Dua korban kebakaran Lapas Kelas I Tangerang kemarin menjalani operasi debri demang. Debri demang adalah operasi pemeriksaan luka pengangkatan jaringan-jaringan yang mati.

"Tindakan yang dilakukan ini ada dua yang sudah dilakukan operasi debri demang namanya. Debri demang ini operasi pemeriksaan luka pengangkatan jaringan-jaringan yang mati. Kemudian tujuannya mengurangi peradangan," kata Kepala Instalasi Hukum Publikasi dan Informasi RSUD Kabupaten Tangerang, Hilwani, Jumat, (10/9/2021).

"Sehingga nanti diharapkan kurang lebih dalam waktu tiga minggu itu lukanya berangsur dengan baik, kalau mereka bisa bertahan di masa-masa kritis sekarang ini," imbuhnya.

Kedua korban yang kemarin menjalani operasi debri demang inisial N dan H. Rencananya, hari ini ada 1 korban kebakaran Lapas Tangerang yang juga akan menjalani operasi debri demang.

"Tuan N sama Tuan H. Hari ini rencana operasi tuan Y," ungkap Hilwani.

Kondisi N dan H pun sudah stabil setelah menjalani operasi debri demang. Untuk Y, tim dokter masih memantau kondisinya sebelum operasi dilakukan.

Sebelumnya, 3 dari 10 korban kebakaran Lapas Tangerang yang dirawat di RSU Kabupaten Tangerang meninggal dunia kemarin. Dengan demikian masih ada 7 pasien yang masih menjalani perawatan di RSU Kabupaten Tangerang.

Dari 7 pasien, 4 di antaranya mengalami trauma gejala nafas. Menurut keterangan pasien, mereka sempat terjebak di sel saat lapas kebakaran.

"Dari 7 ini ada kurang lebih ada 4 sampai 5 yang parah karena mereka ini mengalami trauma gejala nafas. Mereka lama di dalam itu lebih dari satu jam kalau cerita dari pasien yang bisa diajak komunikasi," ungkap Hilwani, Jumat (10/9).

Simak juga video 'Keluarga Korban Kebakaran Lapas Tangerang Dapat Santunan Rp 36 Juta':

[Gambas:Video 20detik]



(zak/zak)