Arteria Dahlan Minta yang Desak Menkumham Mundur Supaya Waras

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 10 Sep 2021 07:20 WIB
Arteria Dahlan
Arteria Dahlan (Ari Saputra/detikcom)

"Kapasitas lapas yang lampaui batas tampung adalah masalah klasik dari waktu ke waktu. Ternyata tak ada perbaikan," kata Fadli lewat cuitan di akun Twitternya @fadlizon, Kamis (9/9).

Fadli pun menilai Menkumham Yasonna Laoly sebagai salah satu yang harus bertanggung jawab atas insiden di Lapas Kelas I Tangerang tersebut. Dia mendesak Yasonna Laoly mundur dari jabatannya.

"Menkumham harus tanggung jawab. Insiden yang menewaskan 41 orang narapidana ini peristiwa besar, menyangkut nyawa orang Indonesia yang harus dilindungi. Sebaiknya Menkumham mundur kalau masih punya malu," ujarnya.

Anggota Komisi III Fraksi PAN Sarifuddin Sudding mengatakan insiden terbakarnya Lapas Kelas I Tangerang hingga menewaskan 44 orang ini menjadi pelajaran besar. Dia meminta Yasonna mengundurkan diri.

"Ini ada tragedi kemanusiaan dan kita tidak bisa tutup mata begitu saja. Ada 44 korban jiwa di sana. Kalau dia (Yasonna) punya moral, dia harus mengundurkan diri sebagai pertanggungjawaban atas tewasnya 44 orang. Jadi bukan lagi tanggung jawab itu diserahkan ke kalapas atau dirjen, tapi dia sebagai pengambil kebijakan harus bertanggung jawab penuh," katanya.

Lihat juga video 'Yasonna Sebut Lapas I Tangerang Kelebihan Napi 400%!':

[Gambas:Video 20detik]




(rfs/zak)