Yasonna Serahkan ke Polri soal Dugaan Penyebab Kebakaran Lapas Tangerang

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 09 Sep 2021 18:10 WIB
Menggunakan kemeja putih, Yasonna tiba di RSU Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (9/9/2021) pukul 13.30 WIB.
Menkumham Yasonna Laoly (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Polisi menyelidiki dugaan kelalaian petugas di balik kebakaran maut Lapas Kelas I Tangerang. Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H Laoly mengaku tengah berfokus pada penanganan korban dan menyerahkan urusan dugaan penyebab kebakaran ke pihak kepolisian.

"Kita serahkan saja ke Polri, nggak usah berspekulasi (soal penyebab kebakaran) dulu. Kemarin saja dugaan sementara (karena hubungan pendek arus) listrik," ucap Yasonna dalam keterangan, Kamis (9/9/2021).

Sebelumnya, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat membenarkan bahwa tengah menyelidiki dugaan pidana terkait kebakaran itu, salah satunya dugaan kelalaian petugas lapas. Di sisi lain, Yasonna berfokus pada penanganan korban.

"Saat ini kami masih menghubungi keluarga-keluarga korban dan menunggu hasil tim Inafis (Indonesia Automatic Fingerprint System). Kami tidak berpikir yang lain dulu, sekarang kami konsentrasi kepada penyelesaian itu," imbuhnya.

Yasonna tadi siang mengunjungi para korban kebakaran yang masih dirawat di RSUD Tangerang. Dia menyebut ada 3 orang yang mengalami luka bakar yang parah.

"Ada tiga (orang) sekarang yang (luka bakarnya) sedikit serius di ruang HCU (high care unit) karena luka bakarnya sangat luas, ada yang 80 persen, ada yang 98 persen. Kita berdoa agar bisa melewati masa-masa kritis sekarang ini," ucap Yasonna.

Peristiwa kebakaran itu sebelumnya menewaskan 41 orang narapidana (napi). Namun per hari ini jumlah korban tewas bertambah 3 orang sehingga totalnya 44 orang.

"Kami beri santunan. Semua biaya pemulasaraan, biaya pemakaman, biaya pengurusan jenazah, kami yang mengurus. Keluarga (korban) nanti akan kita koordinasikan. Karena identitasnya sudah kita ketahui, jadi tidak perlu ke Inafis," kata Yasonna.

(dhn/tor)