PPKM Jawa-Bali Diperpanjang Sampai Kapan? Ini Aturannya di Inmendagri

Arinta Putri Anggraini - detikNews
Kamis, 09 Sep 2021 20:38 WIB
PPKM Jawa-Bali Diperpanjang Sampai Kapan? Ini Aturannya di Inmendagri
PPKM Jawa-Bali Diperpanjang Sampai Kapan? Ini Aturannya di Inmendagri (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

PPKM Jawa-Bali diperpanjang sampai kapan? Pertanyaan ini sudah terjawab saat pemerintah mengumumkan keputusan perpanjangan PPKM pada Senin (6/9/2021) lalu.

PPKM Jawa-Bali ini masih terus diperpanjang sampai 13 September 2021.

Pemerintah melalui Menteri Dalam Negeri menerbitkan surat Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 39 Tahun 2021 yang berisikan aturan mengenai PPKM Jawa-Bali diperpanjang sampai kapan, dan diketahui bahwa perpanjangannya dimulai sejak 7 September sampai 13 September 2021.

Lalu, apa saja aturan-aturan lainnya yang tertuang di Inmendagri mengenai PPKM Jawa-Bali? Simak ulasannya di bawah ini.

Daerah PPKM Level 4 Makin Sedikit

Seperti yang tadi sudah disebutkan bahwa PPKM Jawa-Bali diperpanjang sampai 13 September 2021. Kondisi yang diterapkan untuk PPKM Jawa-Bali ini berada di level 3, sedangkan untuk yang level 4 Jawa-Bali kini sudah makin sedikit.

"Situasi pandemi COVID-19 di wilayah Jawa-Bali kian alami perbaikan yang cukup berarti. Hal ini ditandai dengan semakin sedikitnya kota/kabupaten yang ada di level 4," kata Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam jumpa pers, Senin (6/9/2021) lalu.


PPKM Level 3: Pembukaan Tempat Wisata

Masih dalam aturan Inmendagri Nomor 39 Tahun 2021, sejumlah tempat wisata kini sudah mulai uji coba dibuka. Ketentuannya adalah:

  1. Wajib menaati protokol kesehatan sesuai Kemenparekraf dan Kemenkes
  2. Wajib gunakan aplikasi PeduliLindungi untuk skrining
  3. Anak umur di bawah 12 tahun dilarang masuk
  4. Hanya boleh datang ke tempat wisata yang sudah uji coba buka oleh Kemenparekraf, untuk wilayah DKI Jakarta tempat wisata tersebut adalah TMII dan Ancol.

PPKM Level 3: Resepsi Pernikahan Bisa Digelar

Setelah mengetahui PPKM Jawa-Bali diperpanjang sampai kapan, mari menyimak lagi peraturannya. Untuk daerah PPKM level 3, pemerintah mengizinkan resepsi pernikahan.

Ingat, meski ada resepsi tapi tidak mengadakan makan di tempat ya. Sebagaimana tercantum dalam Inmendagri 39/2021, protokol kesehatan juga harus diterapkan.

Perjalanan Domestik Harus Sudah Divaksin

Masih sesuai Inmendagri 39/2021, aturan di daerah PPKM level 3 adalah masyarakat yang melakukan perjalanan domestik setidaknya sudah mendapat dosis vaksin pertama.

Demikian informasi mengenai PPKM Jawa-Bali diperpanjang sampai kapan beserta aturan-aturan yang ada dalam Inmendagri Nomor 39 tahun 2021. Semoga bermanfaat dan tetap patuhi protokol kesehatan ya!

(imk/imk)