Pimpinan DPR Tak Masalah KPK Awasi Seleksi Calon Anggota BPK: Itu Tugasnya

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 08 Sep 2021 17:01 WIB
Sufmi Dasco Ahmad, gerindra
Sufmi Dasco Ahmad (Mochammad Zhacky/detikcom)
Jakarta -

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad tak mempersoalkan jika KPK ikut mengawasi seleksi calon anggota BPK RI. Menurut Dasco, KPK memang memiliki tugas dan fungsi mengawasi lembaga negara.

"Saya pikir, mungkin tidak usah mendesak-mendesak ya, karena tidak usah didesak pun saya pikir lembaga seperti KPK tentu akan menjalankan tugasnya untuk melakukan pemantauan terhadap, misalnya, yang terjadi ada dinamika-dinamika yang muncul yang mungkin dianggap nanti akan terjadi hal-hal yang tidak sepatutnya, mungkin begitu," kata Dasco di kompleks parlemen, Rabu (8/9/2021).

"Sehingga saya pikir marilah nanti kita sama-sama memantau secara transparan, nanti kita pantau bagaimana hasilnya," imbuhnya.

Seperti diketahui, dua nama calon anggota BPK yang menjalani uji kelayakan di DPR disebut tidak memenuhi syarat pencalonan. Dua nama tersebut, yakni Nyoman Adhi Suryadnyana dan Harry Zacharias Soeratin.

Dasco menyatakan mengawasi lembaga negara adalah tugas KPK yang tidak bisa dilarang.

"Kita nggak bilang siap-nggak siap. Kan itu sudah tugas pokok satu lembaga dan kita nggak bisa juga larang, kan begitu," ujarnya.

Uji kelayakan calon anggota BPK hari ini sudah dimulai di Komisi XI DPR dan akan berakhir besok. Nyoman Adhi Suryadnyana menjalani uji kelayakan hari ini.

Lihat juga video 'Seleksi Calon Anggota BPK Tuai Polemik, DPR: Tergantung Uji Kelayakan':

[Gambas:Video 20detik]



Nama-nama calon anggota BPK ada di halaman berikutnya.