Pengacara: Kreator Medsos Richard Lee Turut Jadi Tersangka Akses Ilegal

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 08 Sep 2021 14:39 WIB
dr Richard Lee kembali jalani pemeriksaan di kasus akses ilegal di Polda Metro Jaya, Rabu (8/9/2021)
dr Richard Lee kembali menjalani pemeriksaan di kasus akses ilegal di Polda Metro Jaya. (Yogi/detikcom)
Jakarta -

Kasus illegal access tidak hanya menyeret dr Richard Lee. Pengacara Razman Arif Nasution mengatakan tim kreator media sosial Richard Lee juga jadi tersangka.

Tim kreator tersebut bernama Hans Pranata. Has merupakan tim kreator media sosial Richard Lee yang berperan membuat unggahan di media sosial Richard Lee yang telah disita polisi.

"Hans Pranata tersangka. Dia kreator, dia yang post, tapi atas persetujuan dr Richard," kata Razman di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (8/9/2021).

Namun Razman mengatakan Hans Pranata memposting kegiatan kliennya tersebut bukan di akun media sosial Richard Lee yang telah disita polisi. Razman menyebut tersangka Hans mengunggah postingan melalui akun Facebook milik Richard Lee yang baru.

"Sekali lagi diposting bukan menggunakan akun lama dan tidak e-mail lama. Jadi itu semua baru. Bagaimana kok bisa tembus? Nanti kita buka di peradilan," terang Razman.

Hari ini Richard Lee kembali menjalani pemeriksaan tambahan sebagai tersangka di kasus illegal access. Total ada 10 pertanyaan yang ditanyakan penyidik.

Razman mengaku pihaknya kini mendesak kasus tersebut segera bergulir ke persidangan. Dia yakin kliennya akan bebas dari tiap tuntutan dari kasus illegal access tersebut.

"Kita mendorong agar ini segera dibawa ke pengadilan supaya ada ilmu baru yang kita lihat. Karena itu keyakinan kami, klien kami akan bebas di pengadilan," ujar Razman.

Polisi diketahui telah menetapkan Richard Lee sebagai tersangka kasus illegal access. Dia dijerat atas pelanggaran tindak pidana Pasal 30 jo Pasal 46 UU ITE tentang illegal access dan/atau Pasal 231 KUHP dan/atau Pasal 221 KUHP tentang menghilangkan barang bukti.

Richard Lee ditangkap polisi pada Rabu (11/8) di kediamannya di daerah Palembang. Polisi menangkap dr Richard Lee atas perbuatan illegal access dan penghilangan barang bukti.

Barang bukti tersebut berupa akun Instagram dr Richard Lee yang disita penyidik di kasus dugaan pencemaran nama baik yang dilaporkan oleh Kartika Putri. Richard Lee disebut telah mengakses akunnya yang disita penyidik tanpa izin ke penyidik.

(ygs/mea)