Minta Segera Disidang Kasus Akses Ilegal, Richard Lee Yakin Bakal Bebas

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 08 Sep 2021 14:30 WIB
richard lee
Foto: Pingkan Anggraini
Jakarta -

dr Richard Lee hari ini menjalani pemeriksaan tambahan sebagai tersangka di kasus ilegal akses. Usai diperiksa, pihak Richard Lee minta kasus yang menjeratnya segera disidangkan.

Pengacara Richard Lee, Razman Nasution, mengaku pihaknya optimis akan memenangkan jalannya persidangan saat kasus ini telah masuk ke tahap pengadilan. Razman optimis kliennya akan terbebas dari jeratan hukum pelanggaran kasus tersebut.

"Kita mendorong agar ini segera dibawa ke pengadilan supaya ada ilmu baru yang kita lihat. Karena itu keyakinan kami, klien kami akan bebas di pengadilan," kata Razman di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (8/9/2021).

Hingga saat ini Razman berkeyakinan kliennya tidak melakukan pelanggaran di kasus ilegal akses. Dia menyebut ada sejumlah bukti yang dikantongi pihaknya dan akan dibuka dalam pengadilan nanti.

"Instagram disita lalu terjebol tanpa disengaja apakah termasuk tindak pidana? itu yang akan kita uji. Ini ilmu baru untuk kita semua, kan yang bisa akses itu orang IT, orang cyber. Kalau termasuk cyber crime itu yang harus kita buktikan Karena itu klien saya optimis," terang Razman.

Richard Lee Merasa Tak Bersalah

Hal senada juga disampaikan oleh Richard Lee. Richard bersikeras tidak merasa bersalah dari kasus ilegal akses yang telah menetapkannya sebagai tersangka.

"Kalau ilegal akses saya optimis saya merasa tidak bersalah, tidak melakukan ilegal akses. Saya optimis biar pengacara saya yang atur di persidangan nanti. Saya merasa saya tidak melakukan kejahatan kriminal," jelas Richard.

Terkait pemeriksaan tambahan hari ini yang dilakukannya, Richard Lee mengaku hanya dicecar 10 pertanyaan oleh penyidik. Richard mengaku tidak ada yang signifikan dari pemeriksaan tambahan hari ini.

"Tidak banyak hanya melengkapi saja, 5 sampak 10 pertanyaan saja. Itu terkait tahu nggak itu melanggar hukum. Ya saya nggak tahu saya, yang disita kan Instagram bukan Facebook. Saya post di Facebook saya yang nggak disita," katanya.

Richard Lee diketahui ditangkap polisi pada Rabu (11/8) di kediamannya di daerah Palembang. Polisi menangkap dr Richard Lee atas perbuatan illegal access dan penghilangan barang bukti.

Barang bukti tersebut berupa akun Instagram dr Richard Lee yang disita penyidik di kasus dugaan pencemaran nama baik yang dilaporkan oleh Kartika Putri. Richard Lee disebut telah mengakses akunnya yang disita penyidik tanpa izin ke penyidik.

Richard Lee ditetapkan sebagai tersangka pelanggaran tindak pidana Pasal 30 jo Pasal 46 UU ITE tentang illegal access dan/atau Pasal 231 KUHP dan/atau Pasal 221 KUHP tentang menghilangkan barang bukti. Dia terancam 8 tahun hukuman penjara.

Simak video 'Richard Lee Sambangi Polda untuk Kasus Ilegal Akses dan Kartika Putri':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mea)