DKI Segera Buka Tempat Wisata, Anak di Bawah 12 Tahun Dilarang Masuk

ADVERTISEMENT

DKI Segera Buka Tempat Wisata, Anak di Bawah 12 Tahun Dilarang Masuk

Karin Nur Secha - detikNews
Selasa, 07 Sep 2021 22:34 WIB
Suasana Ancol pukul 09.00 WIB, Sabtu (22/5/2021)
Ilustrasi Ancol (Rahmat Fathan/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah mengizinkan kota-kota di PPKM level 3 membuka tempat wisata. DKI Jakarta melakukan persiapan.

"Iya diupayakan (semua) akan buka, ya Ancol akan uji coba, kebun binatang ya," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria kepada wartawan di kantor Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (7/9/2021).

Riza mengatakan Gubernur DKI Anies Baswedan telah memimpin rapat terkait mekanisme uji coba pembukaan tempat wisata di Jakarta. Dia menyebut anak usia di bawah 12 tahun belum boleh masuk.

"Tentu usia anak di bawah 12 tahun belum diperkenankan. Nanti (masuk tempat wisata) melalui online aplikasi JAKI, pedulilindungi, harus sudah vaksin dan sebagainya. Seperti pada masa-masa sebelumnya," kata Riza.

Namun, Riza belum membeberkan kapan akan dimulainya uji coba pembukaan tempat wisata di DKI Jakarta. Riza menyebut akan segera diumumkan.

"Insyaallah nanti akan diumumkan titik-titik, venue-venue atau tempat wisata yang akan dibuka, kapasitasnya, dan juga jam operasionalnya. Mudah-mudahan besok sudah ada hasilnya," jelas Riza.

Diberitakan sebelumnya, tempat wisata akan kembali beroperasi di sejumlah kota yang menerapkan PPKM level 3. Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

"Akan dilakukan uji coba pembukaan 20 tempat wisata di kota dengan level 3 dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan implementasi platform PeduliLindungi," ujar Luhut dalam jumpa pers virtual, Senin (6/9).

Luhut mengatakan, dalam penyesuaian PPKM level 3 kali ini, ada tambahan durasi waktu makan di restoran atau warteg menjadi 60 menit. Kapasitas dine-in 50 persen.

Sementara itu, penggunaan aplikasi PeduliLindungi juga akan diterapkan di tempat wisata yang sudah beroperasi di wilayah PPKM level 2.

"Serta kabupaten/kota level 2 juga akan diwajibkan menggunakan PeduliLindungi pada tempat wisata yang sudah diperbolehkan buka," tuturnya.

(idn/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT