Dirlantas Polda Metro Akan Tindak Oknum yang Terbukti Pungli di Samsat Jaktim

Farih Maulana Sidik - detikNews
Selasa, 07 Sep 2021 19:21 WIB
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyisir Jalan Medan Merdeka Selatan (Sachril Agustin/detikcom)
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo (Sachril Agustin/detikcom)
Jakarta -

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo buka suara terkait adanya dugaan pungutan liar (pungli) petugas di kantor Samsat Kebon Nanas, Jakarta Timur (Jaktim). Sambodo berjanji akan menindak oknum tersebut.

"Apabila ada anggota yang terbukti akan kami tindak," kata Sambodo kepada wartawan, Selasa (7/9/2021).

Sambodo mengatakan pihaknya akan mendalami dugaan pungli yang diungkap pegiat antikorupsi Emerson Yuntho itu. Pihaknya akan meningkatkan pengawasan agar tidak terjadi pungli pada pelayanan masyarakat.

"Kita akan dalami informasi tersebut, kita tingkatkan pengawasan," ujarnya.

Diungkap Emerson Yuntho

Adanya dugaan pungli di kantor Samsat Kobon Nanas awalnya diungkap oleh pegiat antikorupsi Emerson Yuntho. Dia menyebut Pungli dilakukan oleh oknum petugas di kantor tersebut.

Dia menceritakan temuan dugaan pungli di Samsat Jaktim lewat akun Twitter-nya, @emerson_yuntho, seperti dilihat detikcom, Selasa (7/9). Saat itu dia tengah menemani sang istri untuk mengurus administrasi kendaraan bermotor ke Samsat Kebon Nanas.

Dia menyebut sejak pukul 08.00 WIB hingga hampir pukul 11.00 WIB, dia melihat terjadinya praktik pungutan atau penerimaan liar yang dilakukan oleh oknum petugas di kantor Samsat. Bahkan dia menyebut sempat juga berbincang dengan warga lain untuk memastikan soal pungli ini.

"Dari pengamatan langsung dan bertanya dengan warga, setidaknya ada sejumlah titik praktik pungli yang terjadi di Samsat Kebon Nanas," ucapnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya

Tonton juga Video; Kondisi Terkini Penyekatan Kemayoran yang Sempat Dikuasai Bocah

[Gambas:Video 20detik]