Uji Kelayakan Calon Anggota BPK RI Diundur!

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 07 Sep 2021 13:54 WIB
Suasana kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (14/7/2021). Untuk membantu penanganan pasien COVID-19 yang jumlahnya mengalami lonjakan beberapa waktu terakhir ini, kompleks Parlemen diusulkan juga menjadi rumah sakit darurat tetapi usulan tersebut masih menimbulkan pro dan kontra di kalangan internal Parlemen. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
Gedung DPR (Foto: ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA).
Jakarta -

Komisi XI DPR RI menunda jadwal uji kelayakan atau fit and proper test calon anggota BPK RI. Komisi XI DPR masih membahas ulang jadwal uji kelayakan calon anggota BPK.

"Mungkin kita undur karena ada rapur jadi nanti kita bicarakan di tingkat pimpinan. Ini kita lagi mau bicarakan," kata Wakil Ketua Komisi XI, Amir Uskara, di kompleks gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (7/9/2021).

Amir menyebut target uji kelayakan calon anggota BPK bisa rampung pekan ini. Namun, tak menutup kemungkinan uji kelayakan dituntaskan minggu depan.

"Sebenarnya sih sampai minggu ini nggak masalah bahkan kita rencana mau jadwalin minggu depan tapi kita liat lagi ini baru mau rapat lagi dengan temen-temen pimpinan yang lain," ujarnya.

DPR RI sempat meminta pandangan kepada Mahkamah Agung (MA) terkait ada dua nama calon anggota BPK yang tak memenuhi syarat. Namun, Amir mengatakan Komisi XI telah memutuskan secara tertutup dua nama tak penuhi syarat tetap uji kelayakan

"Tentu itu menjadi pertimbangan yang diambil temen-temen sekali lagi karena kemarin tertutup saya nggak bisa menyampaikan," ujarnya.

Berhembus kabar ada dua fraksi yang tak setuju dua nama tak memenuhi syarat ikut uji kelayakan calon anggota BPK, termasuk Fraksi Amir yakni PPP. Amir menjawab santai kabar itu.

"He-he-he kok tahu," katanya.

Kabar ditundanya uji kelayakan calon anggota BPK juga dikonfirmasi anggota Komisi XI Putri Ade Komarudin. Belum diketahui kapan akan dilakukan uji kelayakan tersebut. "Enggak jadi," imbuhnya.

Berdasarkan jadwal uji kelayakan calon anggota BPK yang diterima, ada nama tak penuhi syarat yang akan menjalani uji kelayakan hari ini. Uji kelayakan itu rencananya digelar di Komisi XI DPR mulai pukul 13.00 hingga pukul 16.30 WIB.

Lihat juga video 'DPR Absen, Sidang Gugatan MAKI soal Hasil Seleksi Anggota BPK Ditunda':

[Gambas:Video 20detik]



Nama-namanya...