Kadisdukcapil Jaksel-Jaktim Kena Tegur soal Syarat Segambreng Urus Dokumen

Karin Nur Secha - detikNews
Selasa, 07 Sep 2021 13:43 WIB
Gedung Balai Kota DKI Jakarta
Gedung Balai Kota DKI Jakarta (Ilman/detikcom)
Jakarta -

Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menemukan persyaratan yang berlebihan dalam mengurus sejumlah dokumen di Jakarta. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta Budi Awaludin mengatakan sudah menegur Kadisdukcapil wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur terkait temuan tersebut.

"Iya betul (ditegur)," ujar Budi saat dimintai konfirmasi, Selasa (7/9/2021).

Budi menyebut pemanggilan kepada Kadisdukcapil wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur akan dilakukan secara bertahap mulai hari ini. Hingga kini pihak Dinas Dukcapil masih melakukan proses pemeriksaan.

"Kita masih dalami masih dalam proses pemeriksaan," kata Budi.

Budi berjanji akan menindaklanjuti temuan oleh Ditjen Dukcapil Kemendagri atas persyaratan tambahan yang tidak sesuai prosedur. Selain itu, pihaknya juga akan membina ulang kasudin, kasektor, dan kasatpel yang berada di wilayah yang disidak oleh tim tersebut.

"Tidak hanya itu, Dukcapil Provinsi DKI Jakarta mengimbau kepada seluruh pegawai yang ada di dinas dan wilayah kota/kabupaten untuk turun ke kecamatan dan kelurahan mengecek terkait prosedur dan persyaratan pelayanan yang tidak sesuai aturan," jelas Budi.

"Sekaligus mengganti banner-banner layanan ataupun informasi melalui selebaran yang masih beredar dan tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku," sambungnya.

Terakhir, jika nantinya setelah satu minggu masa evaluasi masih ditemukan syarat tambahan, pungli, maupun gratifikasi yang tidak sesuai aturan, diharapkan masyarakat melapor ke Disdukcapil Jakarta. Tentunya dengan melampirkan bukti-bukti pelanggaran.

Jika terbukti menyalahi aturan, petugas akan diberi sanksi sesuai aturan. Berikut nomor pengaduan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta: 081222250781 (WhatsApp).

Diketahui, temuan persyaratan yang berlebihan itu terungkap saat tim Dukcapil Kemendagri melakukan penyamaran ke berbagai Dinas Dukcapil di Jakarta. Tim Dukcapil Kemendagri menyamar sebagai pemohon ke 9 kelurahan di Jaksel dan Jaktim.

Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.