PDIP Bela Puan dari Kritik Terbang ke Austria di Tengah Pandemi

Farih Maulana Sidik - detikNews
Selasa, 07 Sep 2021 05:54 WIB
Rahmad Handoyo (Dok. Rahmad Handoyo).
Foto: Rahmad Handoyo (Dok. Rahmad Handoyo).
Jakarta -

Ketua DPR RI Puan Maharani dikritik Forum Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) karena terbang ke Austria untuk menghadiri Fifth World Conference of Speakers of Parliament (WCSP) di tengah pandemi. Puan pun dibela anggota DPR RI Fraksi PDIP Rahmad Handoyo.

Handoyo mengatakan hadirnya Puan di forum tersebut merupakan momentum yang sangat baik. Sebab, kata dia, pertemuan ketua parlemen sedunia adalah momentum untuk memperjuangkan secara bersama-sama pengendalian COVID-19 seluruh dunia.

"Mengapa demikian? Tidak mungkin pengendalian COVID-19 dilakukan hanya beberapa negara, namun dilakukan pengendaliannya secara serentak bersama-sama dan bergotong royong seluruh dunia," kata Handoyo kepada wartawan, Senin (6/9/2021).

Dia menyebut Puan akan memperjuangkan bagaimana keadilan dunia untuk mendapatkan akses vaksin Corona demi mengakhiri pandemi. Dia mengatakan kehadiran Puan juga khususnya mendapatkan akses kebutuhan vaksin untuk Indonesia.

"Tidak boleh akses vaksin diperuntukkan hanya negara produsen ataupun negara yang mampu beli vaksin saja. Di sinilah momentum yang tepat untuk mengakhiri COVID secara bersama-sama seluruh negara sehingga dibutuhkan keadilan bagi seluruh dunia untuk akses mendapatkan vaksin demi menyelesaikan pandemi," ucapnya.

Handoyo menilai pertemuan Puan dan ketua parlemen sedunia di Austria sangat penting. Sebab, Puan mendapatkan kehormatan sebagai pembicara kunci dalam pertemuan ini.

"Karena selain ini (bahas mitigasi pandemi), juga akan dibahas isu-isu penting lainnya bagi Indonesia dan dunia. Antara lain isu solusi dampak pandemi terhadap pembangunan berkelanjutan, isu multilateralisme untuk perdamaian, isu kesetaraan gender, dan yang tak kalah penting adalah membawa Indonesia dalam kerja sama antarparlemen negara-negara lain," jelasnya.

Simak selengkapnya di halaman berikut

Saksikan video 'Puan Minta Pemerintah Tak Berpasrah Diri Hadapi Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]