KPK Eksekusi 2 Anak Buah Edhy Prabowo ke Lapas Sukamiskin

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Senin, 06 Sep 2021 20:41 WIB
Gedung baru KPK
Gedung KPK (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

KPK mengeksekusi Amiril Mukminin selaku sekretaris pribadi mantan Menteri KKP Edhy Prabowo ke Lapas Sukamiskin. Amiril akan menjalani hukuman penjara selama 4 tahun dan 6 bulan.

"Tim jaksa eksekusi KPK telah melaksanakan putusan atas nama terpidana Amiril Mukminin dengan cara memasukkannya ke Lembaga Pemasyarakatan Klas I Sukamiskin untuk menjalani pidana penjara selama 4 tahun dan 6 bulan dikurangi selama berada dalam tahanan," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Senin (6/9/2021).

Ali mengatakan hal itu sesuai dengan putusan Pengadilan Tipikor pada PN Jakarta Pusat Nomor : 28/Pid.Sus-TPK/2021/PN Jkt. Pst tanggal 15 Juli 2021 pada 2/9/2021. Amiril juga dikenakan denda sebesar Rp 300 juta

"Kewajiban membayar pidana denda sebesar Rp 300 juta dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan selama 6 bulan," kata Ali.

Amiril juga diwajibkan membayar uang pengganti sebesar Rp 2.254.990.000. Jika tidak dapat dibayar dalam waktu 1 bulan, harta bendanya akan disita.

"Maka harta bendanya disita oleh Jaksa dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut serta jika tidak mampu, maka dipenjara selama 1 tahun," ujarnya.

Selanjutnya, KPK juga sekaligus mengeksekusi stafsus Edhy Prabowo, Safri ke Lapas Sukamiskin. Safri akan menjalani hukuman penjara selama 4 tahun dan 6 bulan.

"Sekaligus dilakukan pelaksanaan putusan atas nama terpidana Safri dengan cara memasukkannya ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Sukamiskin untuk menjalani pidana penjara selama 4 tahun dan 6 bulan dikurangi selama berada dalam tahanan," ujarnya.