Satpol PP Kini Akui Senam Massal di Puri Indah Jakbar Kejadian Baru

Tim detikcom - detikNews
Senin, 06 Sep 2021 13:16 WIB
Video senam ibu-ibu di kawasan Puri Indah, Jakarta Barat
Video senam ibu-ibu di kawasan Puri Indah, Jakarta Barat. (Dok. Tangkapan Layar Twitter Rudi Valinka)
Jakarta -

Setelah sempat menyebut kejadian lama, Satpol PP Jakarta Barat kini mengakui senam massal di kawasan Puri Indah yang viral merupakan kejadian yang terjadi pada Minggu kemarin (5/9/2021). Satpol PP menyebut penyelenggara senam massal itu satu kelompok yang sama dengan kelompok yang menggelar kegiatan serupa tahun lalu.

"Pelakunya sama dan tempatnya sama. Penyelenggaranya sama juga. Jadi benar nih, dia melanggar tanggal 27 September (2020), ada kegiatan senam (janji) nggak mengulangi lagi. Ternyata dia bikin lagi. Jadi fotonya 27 September itu sama, lokasinya, jadi saya salah persepsi. Dia sudah janji minggu depan nggak bikin lagi," ujar Kasatpol PP Jakbar Tamo Sijabat, kepada wartawan, Senin (6/9/2021).

Tamo menyebut instruktur sekaligus penyelenggara senam masal itu bernama Pungky. Pungky pernah dikenai sanksi denda karena melanggar aturan berkerumun lebih dari lima orang.

"Yayasan pribadi tapi punya grup," kata Tamo.

Tamo menuturkan, berdasarkan keterangan Pungky, senam masal pada Minggu (6/9) kemarin itu digelar sejak pukul 06.00 WIB hingga 07.30 WIB. Petugas Satpol PP, menurutnya, telat melakukan penertiban.

"Anggota kemarin fokus pada malam minggu fokus protokol kesehatan pembubaran kerumunan. Jadi memang anggota saat itu belum ada. Dia janji nggak ulangi lagi, sekarang bikin pernyataan kedua," tuturnya.

Tamo menerangkan saat kegiatan senam massal digelar ada sekitar 200 orang yang ikut. Dia mengatakan, dalam PPKM level 3, tidak boleh ada kegiatan olahraga yang dikoordinasi.

"Memang gini, level 3 kan ada kelonggaran tapi kan tidak dikoordinir, olahraga kan boleh, jadi pelakunya kita tindak," kata Tamo.

Tonton video 'Heboh Senam Massal di Jakbar, Penyelenggara Didenda Rp 2 Juta':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/fjp)