Jalan Amblas Grand Depok City Mulai Diperbaiki, Lalu Lintas Dialihkan

Firda Cynthia - detikNews
Senin, 06 Sep 2021 11:57 WIB
Jalan amblas di Grand Depok City mulai diperbaiki tanggal 31 Agustus 2021. (Firda Cynthia/detikcom)
Jalan amblas di Grand Depok City mulai diperbaiki. (Firda Cynthia/detikcom)
Depok -

Jalan Boulevard Grand Depok City (GDC), Kota Depok, yang amblas sejak 12 April lalu, kini diperbaiki. Perbaikan jalan di depan kantor Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok itu dilakukan sejak Senin (31/8/2021).

Yanto (40), salah satu tenaga proyek, mengatakan bahwa saat ini perbaikan Jalan Boulevard GDC sedang dalam tahap pengerukan.

"Dari tanggal 31 Agustus sudah mulai dibongkar. Sekarang masih pengerukan," kata Yanto saat ditemui detikcom di lokasi, Senin (6/9).

Menurutnya, tahap pengerukan memakan waktu hingga dua pekan. Selanjutnya, jalan yang dikeruk akan dipasang tiang pancang di bawah tanah.

"Iya nanti dipasang pancang atau paku bumi, terus dicor, kemudian nanti pembesian," katanya.

Pantauan di lokasi, tampak dua ekskavator atau beko di lokasi proyek perbaikan Jalan Boulevard GDC. Salah satunya dioperasikan petugas untuk mengeruk tanah di bawah jalan yang terdapat sungai.

Di sekitar penutupan jalan, tampak lima petugas Dinas Perhubungan melakukan pengaturan lalu lintas. Mereka memutarbalikkan kendaraan truk roda enam dan sejenis yang melintas. Di dekat mereka terpampang spanduk bertulisan 'Dari tanggal 30/8/2021 s/d 24/12/2021 Kendaraan Truk Roda 6 dan Sejenisnya dan Mobil Box Dilarang Melintas'.

Jalan amblas di Grand Depok City mulai diperbaiki tanggal 31 Agustus 2021. (Firda Cynthia/detikcom)Jalan Amblas Grand Depok City Mulai Diperbaiki, Lalu Lintas Dialihkan (Firda Cynthia/detikcom)

Lalu Lintas Dialihkan

Imbas proyek perbaikan jalan tersebut, empat jalur di Jalan Boulevard GDC ditutup dan dialihkan sejak Senin (30/8) hingga Jumat (24/12).

"Jalan ditutup dan dijaga petugas mulai Senin (30/8) kemarin sampai Desember nanti," kata Kasi Tiblantas Dishub Depok Submara di Jalan Boulevard GDC, Senin (6/9).

Ia mengatakan jalan alternatif dibuka di sekitar lokasi proyek. Pengendara dari Jalan Boulevard GDC yang melintas ke arah Pasar Pucung dialihkan via Jalan Perkantoran sebelah kantor Damkar Kota Depok.

"Jalur cepat dan jalur lambat di sekitar Jalan Boulevard GDC yang amblas sudah dibongkar semua, jadi masuk ke Jalan Perkantoran," katanya.

Namun, ia menuturkan, kendaraan truk roda enam dan sejenisnya dilarang melintas jalur alternatif tersebut. Lantaran medan jalan alternatif yang sempit dapat membahayakan pengendara mobil truk.

"Di situ jalan contraflow jadi jalannya menyempit. Jadi kendaraan truk itu nggak bisa lewat, nggak muat. Cuma enam meter dibikin dua jalur jadinya hanya tiga meter. Juga ada tanjakan curam di jalanan situ, bahaya," ujar dia.

(mea/mea)