Penumpang Pajero yang Viral Buang Sampah Sembarangan Didenda Rp 500 Ribu

Faiz Iqbal Maulid - detikNews
Sabtu, 04 Sep 2021 19:11 WIB
Sebuah video yang memperlihatkan penumpang mobil Pajero Sport membuang sampah sembarangan di jalanan Jakarta sempat viral. Pelaku sudah ditindak. (Instagram Dinas LH DKI Jakarta)
Sebuah video yang memperlihatkan penumpang mobil Pajero Sport membuang sampah sembarangan di jalanan Jakarta sempat viral. Pelaku sudah ditindak. (Instagram Dinas LH DKI Jakarta)
Jakarta -

Pelaku penumpang mobil Pajero yang membuang sampah sembarangan di jalanan Jakarta sudah ditindak. Plt Kepala Dinas LH DKI Jakarta Syaripudin mengatakan pelaku dikenai sanksi administrasi berupa denda.

"Sudah dikenai sanksi, sudah tuntas. Sanksinya denda administrasi, bukan pidana," kata Syaripudin saat dihubungi detikcom, Sabtu (4/9/2021).

Sanksi yang diberikan sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah. Pelaku dikenai denda Rp 500 ribu.

Syaripudin menyebut pelaku sangat kooperatif saat diperiksa dan siap membayar denda administrasi. Pelaku juga berjanji untuk tidak mengulangi perbuatannya.

"Kita suruh janji tidak mengulanginya lagi," kata Syaripudin.

Sebelumnya, peristiwa ini diunggah oleh pemilik akun Instagram @faris_hilman24 pada 18 Juni 2021. Dalam postingan itu, terlihat penumpang dari mobil Pajero Sport dengan nomor polisi Z-1588-TC membuang sampah sembarangan ke arah kali di Jalan Moh Kahfi 2, Jagakarsa, Jakarta Selatan (Jaksel). Sampah yang dibuang adalah sampah plastik.

Fariz juga sempat menegur pengendara dan penumpang. Namun sayangnya, tegurannya tidak dihiraukan. Dua bulan sejak viralnya video tersebut, pelaku yang membuang sampah akhirnya ditangkap.

Syaripudin menjelaskan penangkapan itu bekerja sama dengan pihak kepolisian dan pemda Ciamis, Jawa Barat, untuk mengetahui detail pemilik mobil tersebut.

Sempat ada kendala dalam pencarian pemilik mobil itu. Hal itu karena STNK pemilik mobil tersebut sudah berpindah tangan ke pemilik baru yang berdomisili di Jakarta Selatan.

"Pemilik atas STNK mobil Pajero Sport yang sekarang itu berinisial S, sebelumnya pemilik mobil itu bukan dia," kata Syaripudin.

Tonton juga video Viral tentang antre 2 jam demi kue pancake souffle Jepang berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]



(zap/zap)