Labfor Polri Olah TKP Pabrik Sabu di Perumahan Elite Karawaci

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 03 Sep 2021 18:41 WIB
Rumah mewah di Karawaci, Tangerang dijadikan pabrik sabu oleh 2 WN Iran (dok.Polres Jakbar)
Rumah mewah di Karawaci, Tangerang, dijadikan pabrik sabu oleh 2 WN Iran. (dok. Polres Jakbar)
Tangerang -

Polisi menggerebek pabrik sabu di rumah mewah di Karawaci, Tangerang. Puslabfor Polri melakukan olah TKP di lokasi untuk mengidentifikasi kandungan bahan kimia dalam pembuatan sabu tersebut.

"Hari ini kegiatan yang dilakukan kami menghadirkan Labfor dari Mabes Polri untuk melakukan pengecekan terkait dengan mekanisme pembuatan sabu tersebut kemudian bahan-bahan kimia yang digunakan," kata Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Ady Wibowo kepada wartawan, Jumat (3/9/2021).

Dua tersangka yang merupakan warga negara Iran ini juga turut dihadirkan saat polisi melakukan olah TKP. Ady mengatakan pihaknya kini tengah menggali runutan produksi sabu yang terjadi di rumah mewah tersebut.

"Kita ingin lihat bagaimana prosesnya, bahan dasarnya yang tentunya itu akan menjadi pembuktian proses pengungkapan ini," ujar Ady.

Hasil penyelidikan sejauh ini polisi mensinyalir ada modus baru dalam pembuatan narkoba di rumah mewah tersebut. Namun, polisi hingga kini belum mengungkap modus seperti apa yang digunakan pelaku.

"Kami mengindikasikan ada modus baru pembuatan cara pembuatannya. Memang beberapa informasi dari penyidik di lapangan, interogasi pihak tetangga mereka sering mencium bau-baru yang cukup keras ya. Mungkin hasil dari proses pembuatan sabu tersebut," ujar Ady.

"Tadi sekilas saya melihat lokasi bahwa tempat yang digunakan lantai 2 di bawah ada residu atau limbah hasil pembuatan tersebut nanti akan dicek secara langsung oleh tim Labfor dari Mabes Polri," tambah Ady.

Untuk diketahui, Satresnarkoba Polres Metro Jakarta Barat menggerebek sebuah rumah mewah di daerah Tangerang. Rumah tersebut diketahui menjadi tempat pabrik produksi sabu.

"Iya benar kami baru saja berhasil mengamankan laboratorium narkoba di salah satu perumahan mewah," kata Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Ady Wibowo dalam keterangannya, Kamis (2/9/2021).

Lokasi rumah mewah yang menjadi pabrik narkoba itu berada di daerah Karawaci, Tangerang. Polisi melakukan penggerebekan di lokasi pada Rabu (1/9) malam.

Dua orang kemudian ditetapkan sebagai tersangka dari pengungkapan kasus tersebut. Dua tersangka diketahui merupakan warga negara Iran.

(ygs/mea)