detikcom Do Your Magic

Proyek Got Kerap Bikin Mampet Air PAM Warga Jakarta, Ini Sebabnya

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 01 Sep 2021 17:32 WIB
Pengerjaan proyek got di Jl Pademangan III, Jakarta Utara, 1 September 2021. (Athika Rahma/detikcom)
Pengerjaan proyek got di Jl Pademangan III, Jakarta Utara, 1 September 2021. (Athika Rahma/detikcom)
Jakarta -

Saluran air bersih milik perusahaan air minum (PAM) sering terganggu oleh proyek-proyek pelebaran gorong-gorong di Jakarta. Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta mengaku jaringan utilitas di DKI Jakarta belum tertata dengan baik.

"Masalah pembangunan yang berdampak pada utilitas di sekitar, memang di Jakarta banyak sekali utilitas di lapisan-lapisan bawah tanah kita yang belum tertata dengan baik," ujar Kepala Seksi Perencanaan Bidang Geologi, Konservasi Air Baku, dan Penyediaan Air Bersih SDA DKI Elisabeth dalam diskusi virtual, Rabu (1/9/2021).

Namun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah berusaha menata jaringan utilitas di bawah tanah, sehingga tidak akan ada lagi gangguan-gangguan.

"Pelan-pelan, teman-teman Bina Marga berusaha menatanya dengan baik melalui pembuatan ducting-ducting, sehingga bisa terlihat lokasi-lokasi utilitas, sehingga lebih bisa tertata untuk pembangunan," katanya.

Elisabeth menyebut pihaknya selalu berkoordinasi dengan pihak PAM Jaya. "Selalu dikoordinasikan, ketika ada pembangunan jalan, saluran, atau hal-hal lainnya yang di mana ada utilitas lain," katanya.

Dirut PAM Jaya Priyatno Bambang Hernowo mengaku ada masalah jaringan pipa air bersih saat ada proyek lain di jalur yang sama.

"Memang banyak yang kemudian dilakukan dalam hal-hal ini dinas-dinas terkait dalam rangka perbaikan pelayanan, terkadang ada beberapa kejadian yang mengakibatkan adanya gangguan terhadap aliran dari air minum perpipaan karena, misalnya ada ditch, kemudian di sampingnya ada jaringan perpipaan. Ketika ditch-nya diganti, kemudian pipanya bisa ikut trouble," katanya.

Soal gangguan di Jl Pademangan III, PAM akan mengecek laporan gangguan tersebut. "Untuk Pademangan Timur, akan kita tindak lanjuti," kata Priyatno.

Kasus Gangguan PAM karena Proyek Got di Lokasi Lain

Selain di Jl Pademangan III, Pademangan Timur, kasus jaringan PAM mengalami gangguan karena proyek gorong-gorong atau got juga terjadi di kawasan Cakung, Jakarta Timur; dan Tambora, Jakarta Barat.

Di Jl Jembatan Besi XII, Tambora, pada akhir Mei 2021 terdapat proyek perbaikan saluran air oleh Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta. Jaringan air bersih terganggu saat ada peninggian dan perbaikan U-ditch, dan penutupnya.

Setelah ada laporan itu, Palyja selaku pengelola air bersih memperbaiki jaringan, sehingga masalah gangguan jaringan air bersih pun teratasi.

Di Cakung, gangguan terjadi pada 10 Juni 2021. Lokasi gangguan terjadi di Jl Tipar Cakung, Cakung Barat.

Saat itu, terdapat proyek saluran air yang dikerjakan oleh Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Timur. Akibatnya, jaringan PAM di lokasi terganggu beberapa minggu.

Setelah diperbaiki dan proyek gorong-gorong selesai, air bersih kembali mengalir ke permukiman masyarakat.

(aik/dnu)