Pembelajaran Tatap Muka di SMKN 32 Jakarta, Siswa yang Masuk Bergantian

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 01 Sep 2021 08:54 WIB
Pembelajaran Tatap Muka di SMKN 32 Jakarta,
Pembelajaran Tatap Muka di SMKN 32 Jakarta (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Sejak awal pekan ini sistem pembelajaran secara tatap muka mulai diterapkan kembali di sejumlah sekolah di wilayah DKI Jakarta. Hari ini di SMKN 32 Jakarta tercatat ada 125 siswa kelas XI yang masuk mengikuti pembelajaran di kelas.

Adapun siswa yang masuk sekolah bergantian setiap hari. Misalnya hari ini yang masuk khusus kelas XI, maka esok hari siswa kelas lainnya yang datang ke sekolah.

Pantauan detikcom di SMKN 32 Jakarta, Tebet, Jakarta Selatan, sekitar pukul 07.15 WIB, tiga staf sekolah telah berada di area lapangan sekolah menyambut para pelajar yang masuk. Tiga staf itu bertugas mendata hingga memasuki protokol kesehatan para siswa sebelum memasuki ruangan kelas.

Para siswa nantinya dicek suhu tubuh oleh petugas. Jika dinyatakan suhu tubuh normal, siswa baru diizinkan masuk ke area sekolah.

"Jadi rata-rata satu kelas itu 18 orang ya atau separuhnya. Jadi sekitar 125-an yang hari ini masuk. Ini hanya kelas XI aja," kata Rita, Wakil Ketua Kurikulum SMKN 32 Jakarta, Rabu (1/9/2021).

Suasana kelas pembelajaran tatap muka di SMKN 32 pun tampak interaktif. Para siswa dan murid terlihat saling terlibat diskusi membahas pelajaran sekolah.

Meski begitu protokol kesehatan tetap dijalankan di area kelas. Terlihat para siswa dan guru diwajibkan memakai masker hingga tempat duduk siswa yang diatur dengan menjaga jarak.

"Anak-anak senang karena akhirnya ketemu temen-temen lagi. Guru-guru juga seneng karena mungkin sudah terlalu lama kerja dari rumah pas belajar mengajar wah balik lagi senang," ujar Rita.

Terkait masih adanya keraguan orang tua terhadap pembelajaran tatap muka di tengah pandemi, Rita mengaku memahami hal tersebut. Namun, dia menyebut pihak sekolah telah berupaya memastikan kondisi sekolah tetap sesuai dengan protokol kesehatan.

"Kita nggak bisa maksa karena orang tua pasti ada takutnya, saya sendiri punya anak. Jadi orang tua banyak nanya gimana nanti prokesnya. Tapi setelah kita jelasin dan mungkin mereka lihat sendiri jadi yakin," katanya.

Dia menambahkan, di sekolah SMKN 32 Jakarta pun siswa yang bisa mengikuti pembelajaran tatap muka wajib mengantongi izin tertulis dari orang tua.

"Di sini pun siswa wajib dapatkan izin orang tua untuk PTM. Kalau nggak ada izin kita nggak bisa maksa," pungkas Rita.

Simak video 'Satgas: Jika Ada Siswa Terpapar Covid-19, PTM Dihentikan 3 Hari':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/yld)