3 Hari Tenggelam di Wisata Air Terjun, Pemuda Sulsel Ditemukan Tewas

Muhammad Riyas - detikNews
Selasa, 31 Agu 2021 19:24 WIB
Proses evakuasi pria tenggelam di air terjung, Luwu Utara, Sulsel
Proses evakuasi pria tenggelam di air terjun, Luwu Utara (Muhammad Riyas/detikcom)
Luwu Utara -

Seorang pemuda bernama Muhammad Rasyid atau Amat (20), warga Desa Bantimurung, Luwu Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel), tenggelam di wisata air terjun Bantimurung Bone-bone. Setelah tiga hari pencarian, korban ditemukan tewas.

Korban ditemukan mengambang di area air terjun oleh warga yang melintas pada Selasa (31/8/2021) pagi. Lalu tim SAR gabungan melakukan evakuasi dan korban dinyatakan telah meninggal dunia.

"Korban ditemukan warga yang melintas di air terjun. Mereka melihat korban mengambang di atas air dan melaporkan ke Tim SAR gabungan," ujar Komandan Pos SAR Palopo, Maickel, Selasa (31/8).

Berdasarkan laporan sebelumnya, korban bersama rekan-rekannya pada Minggu (29/8) datang ke pemandian Air terjun Bantimurung untuk mandi sore. Mereka ke lokasi bukan berwisata seperti pengunjung lainnya.

Seperti yang dilakukan teman-temannya dan pengunjung lain, korban meloncat dari tebing. Namun, setelah masuk ke air, korban tidak muncul ke permukaan. Lalu dilakukan pencarian oleh rekan-rekannya bersama warga sebelum dinyatakan hilang tenggelam.

Dalam proses pencarian selama tiga hari, tim gabungan yang terdiri atas Basarnas Palopo, BPBD Lutra, TNI, Polri, WMI Lutra, beserta beberapa organisasi SAR dan warga beberapa kali menghentikan pencarian dikarenakan hujan lebat dan debit air yang meningkat.

Setelah dievakuasi, jenazah korban langsung dibawa ke rumah duka dan diserahkan oleh Basarnas Palopo kepada pihak keluarga. Jenazah disambut dengan isak tangis keluarga beserta kerabat.

(lir/lir)