Gandeng Pertamina & Pemda, Kemendes Siap Gelar Gernas BBI Kaltim

Yudistira Perdana Imandiar - detikNews
Selasa, 31 Agu 2021 15:26 WIB
Kemendes PDTT
Foto: Dok. Kemendes PDTT
Jakarta -

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) siap menggelar Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Kalimantan Timur. Kegiatan tersebut melibatkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur serta pemerintah kabupaten/kota se-Kaltim, serta PT Pertamina (Persero).

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menyampaikan kegiatan yang menjadi tanggung jawab kementeriannya ini bakal dilaksanakan pada bulan Oktober 2021. Sebelumnya, di awal September bakal digelar soft launching Gernas BBI Kaltim secara virtual.

"Main event (acara utama) bakal dilaksanakan hybrid baik di Kalimantan Timur maupun di Jakarta," ujar Halim Iskandar dalam keterangan tertulis, Selasa (31/8/2021).

Dalam rapat koordinasi tindak lanjut program BBI, stimulus BBI, dan DigiKU yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Maritim dan Invetasi Luhut B Panjaitan, Halim Iskandar mengatakan para stakeholder ini telah dikoordinasikan dan telah siap melaksanakan kegiatan. Ia menerangkan Pertamina bertindak sebagai kurator dalam kegiatan tersebut.

Selain itu, Gernas BBI Kaltim juga melibatkan seluruh komponen yang berada di Kaltim, termasuk Bank Indonesia, media massa, pemda, asosiasi e-commerce, pengurus BUMDes dan BUMDes Bersama, serta para pelaku UMKM. Acara soft launching akan mengawali rangkaian kegiatan tersebut.

"Tujuannya untuk memperkenalkan kepada publik kegiatan Gernas BBI Kalimantan Timur dan menandai dimulainya seluruh kampanye Gernas BBI," jelas Halim Iskandar.

Halim Iskandar menyampaikan menjelang soft launching, pihaknya telah berkoordinasi dengan stakeholder, juga mensosialisasikan Gernas BBI Kaltim melalui berbagai platform. Selain itu, dilakukan pemetaan produk unggulan yang melibatkan Bank Indonesia dan Pertamina pada level desa dalam rangka penyiapan program kurasi.

"Kemudian pelaksanaan Webinar dan pelatihan juga peningkatan pemasaran dan entrepreunership bagi pengurus BUMDes maupun UMKM juga konsolidasi para pendamping desa se-Kalimantan Timur," terang Halim Iskandar.

Berdasarkan hasil Kurasi, 1.670 mitra binaan Pertamina dan BI yang berpartisipasi di Gernas BBI. Adapun rinciannya 762 mitra binaan perdagangan, 205 mitra binaan jasa, 298 mitra binaan industri, 251 mitra binaan peternakan, 11 mitra binaan perkebunan, 40 mitra binaan pertanian, dan 103 mitra binaan perikanan.

Kemendes PDTT, lanjut Halim Iskandar, juga bersinergi dengan Wali Kota Balikpapan, Ikatan Wanita Pengusaha (Iwapi) Balikpapan, PT Berkah Salam Jaya untuk mendampingi Forum BUMDes/BUMdesma, Perkumpulan Penyelenggara Jasa Bogas Indonesia, dan Ikatan Pengusaha Muslimah Kalimantan Timur.

(akn/ega)