Ingat! Ganjil Genap di Jakarta Tetap Berlaku Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 31 Agu 2021 07:17 WIB
Ganjil genap terus diberlakukan seiiring dengan diperpanjangnya PPKM level 4. Polisi bersenjata juga dikerahkan untuk melakukan penjagaan pemberlakuan ganjil genap di Jakarta.
Ilustrasi penerapan ganjil-genap. (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Penerapan PPKM level 3 di Jakarta resmi diperpanjang. Aturan ganjil-genap bagi mobil tetap berlaku.

"Gage (ganjil-genap) masih berlaku," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Senin (30/8/2021) malam.

Sambodo mengatakan titik ganjil-genap di Jakarta tak mengalami perubahan. Artinya, ganjil-genap tetap diterapkan di tiga wilayah, yakni di Jalan Sudirman, Jalan MH Thamrin, dan Jalan HR Rasuna Said.

"Tetap tiga wilayah," ucapnya.

Dia mengatakan polisi juga bakal menggelar rapat soal penerapan tilang bagi pelanggar ganjil-genap di Jakarta. Menurutnya, masyarakat sudah makin paham soal aturan.

"Masyarakat sudah semakin paham, semakin sedikit yang melaksanakan mobilitas tidak sesuai tanggal," ujar Sambodo.

Ganjil-genap berlaku untuk seminggu ke depan sampai ada keputusan lebih lanjut dari pemerintah pusat terkait status PPKM. Dia mengatakan ganjil-genap berlaku setiap hari mulai pukul 06.00 sampai 20.00 WIB.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan perpanjangan PPKM level 3 dan 4 di Jawa-Bali. PPKM level 3 dan 4 diperpanjang hingga 6 September 2021.

"Pemerintah memutuskan (perpanjangan PPKM) mulai tanggal 31 Agustus hingga 6 September," kata Jokowi dalam konferensi pers di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (30/8).

Jokowi menyebutkan, untuk Jawa-Bali, terdapat Malang Raya dan Solo Raya yang masuk level 3. Sedangkan Semarang Raya turun ke level 2.

"Untuk wilayah Jawa-Bali terdapat penambahan wilayah aglomerasi yang masuk ke level 3, yakni Malang Raya dan Solo Raya, sehingga wilayah yang masuk ke dalam level 3 pada penerapan minggu ini adalah aglomerasi Jabodetabek, Bandung Raya, dan Surabaya Raya, Malang Raya, dan Solo Raya," ucap Jokowi.

Jokowi juga menyampaikan adanya tren penurunan kasus COVID-19 selama 1 minggu terakhir ini. Tingkat positivity rate terus menurun dalam 7 hari terakhir. Tingkat keterisian rumah sakit untuk kasus COVID semakin baik, rata-rata BOR nasional sudah berada di sekitar 27 persen.

Lihat juga video 'Alasan Polda Metro Terapkan Ganjil Genap di 3 Kawasan Saat PPKM Level 3':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)