Rapat soal Anggaran di DPR, Ini Program Prioritas Menkominfo di 2022

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Senin, 30 Agu 2021 15:51 WIB
Menkominfo Johnny G Plate di sela-sela rapat Komisi I DPR, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/8/2021).
Menkominfo Johnny G Plate (Rolando/detikcom)
Jakarta -

Menkominfo Johnny G Plate membahas anggaran hingga program prioritas untuk 2022 bersama Komisi I DPR RI secara tertutup. Apa saja program yang diusulkan Menkominfo kepada Komisi I DPR?

"Yang pasti bahwa dampak dari COVID ini mengharuskan kita untuk menyelesaikan seluruh permasalahan di sektor digital untuk bisa mengantar masyarakat memasuki era transformasi digital," kata Menkominfo Johnny G Plate kepada wartawan di sela rapat di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Senin (30/8/2021).

"Karenanya, kebutuhan pembiayaannya juga sangat besar, di sana saat bersamaan ya tekanan fiskal juga besar, sehingga kita perlu melihat prioritas-prioritas itu untuk ditelaah lebih dalam lagi bersama Komisi I," sambungnya.

Johnny mengatakan hampir seluruh program yang dibahas bersama Komisi I DPR merupakan prioritas. Program untuk 2022 itu terbentang mulai infrastruktur hingga sumber daya manusia atau SDM.

"Prioritasnya hampir semuanya menjadi prioritas, yang diusulkan itu hampir semuanya prioritas karena dia keseluruhan, mulai dari hulu infrastruktur sampai di hilir ya SDM, pemanfaatan ruang digital. Jadi ruangnya sangat luas, sehingga biayanya sangat besar," ujar Johnny.

Lantas, apakah pada 2022 arah program prioritas penguatan ranah digital? Johnny menjabarkan infrastruktur hingga penyediaan akses internet.

"2022 semua aspek, mulai dari melanjutkan pembangunan infrastruktur ICT, baik itu backbone, satelit, microlife link, maupun pembangunan last mail, juga penyediaan akses internet untuk fasilitas publik masyarakat itu tetap dilakukan," ucapnya.

Selain infrastruktur hingga penyediaan akses internet, Johnny mengatakan program penguatan SDM, tata kelola data, serta pola komunikasi publik penting terkait Pemilu 2024 turut dibahas.

Indonesia, kata Johnny, juga ada agenda penting, yakni G20 Summit pada 2022. Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memimpin G20 di Indonesia, serta agenda regional di ASEAN.

(rfs/zak)