Pemalsu Surat PCR 23 Calon Mahasiswa Kendari Diciduk Polisi

Sitti Harlina - detikNews
Jumat, 27 Agu 2021 21:43 WIB
borgol
Ilustrasi (Pradita Utama/detikcom)
Kendari -

Jajaran Polres Kendari membekuk seorang pria pelaku pemalsuan surat PCR terhadap 23 calon mahasiswa yang hendak terbang melalui Bandara Haluoleo menuju Jakarta. Status pemalsu surat PCR 23 mahasiswa itu kini menjadi tersangka.

Kapolres Kendari AKBP Didik Erfianto mengatakan pihaknya mengamankan seorang tersangka bernama Ilham, yang merupakan pembuat surat palsu PCR tersebut.

"Menetapkan tersangka terhadap pemalsuan surat PCR sehubungan dengan kejadian perjalanan terhadap 23 calon mahasiswa ke Jakarta pada 20 Agustus lalu. Tersangka atas nama Ilham," kata AKBP Didik Erfianto, Jumat (27/8/2021).

Didik menjelaskan, dalam menjalankan aksinya, tersangka sama sekali tidak menerima uang. Tersangka mencetak hingga menstempel surat PCR palsu tersebut.

"Kita tetapkan tersangka IL ini dalam menjalankan perannya dia mencetak, memalsukan dua tanda tangan, dan menstempel," ujarnya.

Didik menjelaskan kasus surat PCR palsu tersebut pengembangan dari ditemukannya 23 mahasiswa yang gagal terbang pada 20 Agustus lalu. Para mahasiswa itu gagal terbang karena terkendala di surat PCR yang ternyata palsu.

"Kita lidik dari manifes tiket. Jadi ada koordinatornya yang urus tiket," katanya.

Sejauh ini, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan terhadap beberapa saksi. "Sudah ada lima saksi, dari RS Bahteramas karena kan ada logo surat, KKP, dan beberapa saksi lainnya," tandasnya.

Barang bukti yang saat ini diamankan adalah 23 lembar surat PCR yang dipalsukan, stempel, serta telepon seluler. Modus operandi dari tersangka adalah memalsukan tanda tangan dan stempel.

"Tersangka dijerat Pasal 263 Ayat 1 dan Pasal 268 dengan ancaman hukuman maksimal 6 tahun penjara," pungkasnya.

Simak juga video 'Diciduk Polisi, Penjual Surat PCR Palsu Sudah 3 Bulan Beraksi di DKI':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/rfs)