Ma'ruf Amin Tinjau Terowongan Silaturahmi dan Prokes di Istiqlal-Katedral

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Jumat, 27 Agu 2021 14:44 WIB
Wapres Maruf Amin Tinjau Terowongan Silaturahmi
Wapres Ma'ruf Amin meninjau prokes Istiqlal-Katedral. (Rakha Arlyanto/detikcom)
Jakarta -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin melakukan salat Jumat di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Ma'ruf juga meninjau pembangunan Terowongan Silaturahmi antara Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral di Jakarta Pusat.

Pantauan detikcom, Jumat (27/8/2021) Masjid Istiqlal tampak menggelar salat Jumat dengan protokol kesehatan. Jemaah yang masuk ke Istiqlal diminta melakukan scan QR code melalui aplikasi PeduliLindungi di bagian pintu masuk Masjid Istiqlal.

Setelah melaksanakan salat Jumat, Ma'ruf Amin meninjau penerapan prokes di Masjid Istiqlal. Ma'ruf tampak berkeliling area masjid dengan menggunakan mobil golf.

Setelah meninjau Istiqlal, Ma'ruf melanjutkan peninjauannya ke Katedral. Menuju ke Katedral, Ma'ruf melewati Terowongan Silaturahmi.

"Saya hari ini sekaligus mengikuti acara salat Jumat di Istiqlal, pertama, tentu untuk memperoleh informasi tentang seperti apa penerapan protokol kesehatan di Masjid Istiqlal. Ternyata sangat baik, semua diterapkan dengan baik. Begitu juga di Katedral. Saya melihat kapasitasnya hanya 20 persen, juga semua dijalankan dengan baik," ujar Ma'ruf Amin.

Wapres Ma'ruf Amin Tinjau Terowongan SilaturahmiWapres Ma'ruf Amin meninjau Terowongan Silaturahmi (Foto: dok. Setwapres)

Ma'ruf mengatakan Terowongan Silaturahmi ini memberi makna yang dalam. Menurutnya, bukan hanya lambang, namun juga sebagai inspirasi terbangunnya kerukunan antarumat.

"Saya juga menggunakan kesempatan ini untuk menyeberangi dari Istiqlal ke ini (Katedral), yaitu Terowongan Silaturahim. Ini saya merasakan terowongan ini punya makna yang dalam, bukan hanya lambang, tapi juga inspirasi terbangunnya kerukunan antarumat. Umat Islam yang direpresentasikan oleh Istiqlal dan masyarakat umat Katolik yang representasikan Katedral," kata Ma'ruf.

Dia menilai saat ini penerapan protokol kesehatan di Istiqlal dan Katedral telah baik. Ma'ruf berharap hal ini juga dapat diterapkan di berbagai tempat ibadah yang berada di level 3 dan 2.

"Dengan adanya cara-cara seperti ini, kita harapkan seluruh tempat ibadah, baik masjid, gereja, pura, dan tempat lain bisa menerapkan aturan di daerah yang levelnya sudah mulai turun ke 3, apalagi ke 2," tuturnya.

(dwia/dwia)