Bangunan Sekolah di Polman Rusak Parah Diterjang Banjir dan Tanah Longsor

Abdy Febriady - detikNews
Jumat, 27 Agu 2021 09:29 WIB
Polewali Mandar -

Banjir dan tanah longsor terjadi di sejumlah titik di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Sulbar). Akibatnya, sebuah bangunan sekolah di Kecamatan Anreapi rusak parah.

Bangunan sekolah yang rusak diterjang banjir dan tanah longsor adalah SDN 057 Pappandangan. Pantauan di lokasi, Jumat (27/8/2021), dinding salah satu ruang kelas di sekolah itu jebol.

Ruangan kelas di sekolah ini pun tampak dipenuhi material tanah longsor bercampur bebatuan. Semua buku pelajaran dan fasilitas penunjang proses pembelajaran lainnya turut hilang tertimbun material longsor setinggi 1 meter itu.

Terlihat di ruangan lain, endapan lumpur tebal juga menutupi permukaan lantai. Bahkan sejumlah meja dan kursi belajar hanyut terbawa banjir.

"Yang terdampak itu, seperti kita lihat ini sudah sangat merugikan. Sekolah sudah dimasuki lumpur, terus kantornya, rumah dinas, ruang sekolah yang dijadikan sebagai perpustakaan, buku semua habis termasuk alat peraga," ujar Kepala SDN 057 Pappandangan, Hajja Habida, kepada wartawan, Jumat (27/8/2021).

Menurut dia, peristiwa banjir dan tanah longsor yang terjadi pada Kamis (26/8) malam, tidak hanya menimbulkan kerugian yang besar. Lebih dari itu, banjir dan longsor itu juga mengganggu proses belajar di sekolah ini yang digelar secara tatap muka.

"Kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Ini bencana alam yang sangat merugikan. Apalagi proses pembelajaran masih dilakukan secara luring," kata Habida.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.