Round-Up

Klasik Alasan Pengemudi Kena Ganjil Genap hingga Diputar Balik

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 27 Agu 2021 08:16 WIB
Lalin dari Mampang ke Rasuna Said macet karena ada pemeriksaan ganjil genap (Annisa/detikcom)
Petugas memeriksa kendaraan yang melintas kawasan ganjil-genap Rasuna Said, Kuningan, Jaksel. (Annisa/detikcom)

70-an Kendaraan Diputar Balik

Salah satu petugas kepolisian, Sumarno, mengatakan di sepanjang pagi hingga sore di hari pertama ganjil genap di Rasuna Said ini ada puluhan kendaraan diputar balik. Sebagian besar kendaraan yang diputar balik berpelat B.

"Kalau dari pagi tadi sampai sekarang jam 16.00 WIB, kurang-lebih ada sekitar 70-80 kendaraan. Kurang-lebih segitu ya. Dari pagi sampai sekarang banyak tadi," ujar Sumarno saat detikcom temui di lokasi, Kamis (26/8/2021).

Kendati demikian, dia menilai masyarakat sudah tertib dalam berkendara. Hari pertama ganjil-genap di Rasuna berjalan dengan tertib dan lancar.

"Masyarakat kita itu sudah paham sama aturan ganjil-genap. Tapi memang ya ada satu-dua orang yang tegas bilang, 'Pak, saya mau ke sana, Pak'. Tapi ya kita arahkan saja. Tapi akhirnya ya mereka mau nurut, nggak ada protes, apalagi sampai ngelawan petugas," katanya.

Sebelumnya, ada 8 ruas jalan di Jakarta yang diberlakukan ganjil genap di masa PPKM level 4. Namun polisi kemudian mengevaluasi dan mempersempit kawasan ganjil-genap jadi 3 titik seiring turunnya PPKM Jakarta ke level 3.

Ganjil-genap berlaku pada 26-30 Agustus 2021, pukul 06.00-20.00 WIB. Kebijakan ini akan dievaluasi nanti, menyesuaikan kebijakan terbaru dari pemerintah terkait PPKM dalam upaya menekan penyebaran COVID-19.


(mea/mea)