Round-Up

Polisi Tangkap M Kece dan Yahya Waloni dalam 2 Hari

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 27 Agu 2021 05:15 WIB
Penampakan Youtuber Muhammad Kece saat ditangkap tim Bareskrim Polri
Penangkapan Muhammad Kece (Foto: dok. istimewa)
Jakarta -

Polisi bergerak cepat mengusut dugaan penistaan agama yang dilakukan YouTuber Muhammad Kece dan Yahya Waloni. Keduanya dibekuk polisi dalam 2 hari.

Muhammad Kece dan Yahya Waloni dibawa ke Bareskrim guna diperiksa secara khusus. Berikut detikcom rangkum momen penangkapan Muhammad Kece dan Yahya Waloni.

Muhammad Kece Ditangkap

Dittipidsiber Bareskrim Polri menangkap Muhammad Kece di Bali atas dugaan penistaan agama. Muhammad Kece dilaporkan oleh sejumlah pihak karena konten-konten video kontroversial yang diunggahnya di YouTube bersinggungan dengan SARA.

Ucapan Muhammad Kece dalam sejumlah video di YouTube dinilai telah menistakan agama. Polisi pun langsung bergerak mencari keberadaan Muhammad Kece.

Proses penangkapannya ternyata cukup pelik karena Muhammad Kece bersembunyi di area persawahan. Dalam video, terlihat sejumlah polisi dari Dittipidsiber Bareskrim menggiring Muhammad Kece keluar dari area persawahan. Kondisi saat itu tampak gelap. Polisi menggunakan senter untuk menerangi jalan.

Muhammad Kece saat ditangkap di area persawahanMuhammad Kece saat ditangkap di area persawahan (Foto: dok ist)

"Pak Kace, kenapa Pak Kace lari?" terdengar seorang polisi bertanya kepada Muhammad Kece. "Satu dunia nyari Pak Kace," timpal polisi lainnya. Di YouTube, Muhammad Kece memang kerap disapa Pak Kace. Dia sendiri bernama asli H Muhamad Kasman.

"Halo. Iya, baru ketemu sekarang. Ini yang menariknya ketemunya di sawah," ujar Muhammad Kece. Jalannya tampak pincang saat digiring ke mobil. Dalam foto usai penangkapan, dia tampak menggunakan tongkat.

Muhammad Kece ditahan selama 20 hari ke depan. Polri dan Kemkominfo juga melakukan take down atau pemblokiran terhadap video-video Muhammad Kece yang dinilai kontroversial. Hingga kemarin, sudah ada 42 video yang diblokir.

Yahya Waloni ditangkap juga. Simak di halaman berikutnya

Saksikan video 'Kasus Dugaan Penodaan Agama yang Bikin Yahya Waloni Ditangkap':

[Gambas:Video 20detik]