Round-up

Manuver PAN Jadi Sahabat Baru Koalisi Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 25 Agu 2021 20:00 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Foto: dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)

Pertemuan Semangat Gotong Royong

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyebut seluruh ketum parpol hadir. Hasto juga mengatakan pertemuan ini sebagai semangat bergotong royong dan memberikan energi positif untuk pemerintahan.

"Pertemuan kali ini selain dihadiri ketum dan sekjen dari PDI Perjuangan, Gerindra, Golkar, PKB, NasDem, PPP, juga dihadiri PAN. Semangat bergotong royong dan memberikan energi positif bagi Pemerintah untuk menangani pandemi sangat terasa," kata Hasto dalam keterangan tertulisnya, Rabu (25/8/2021).

"Seluruh ketum parpol yang hadir merasakan pentingnya gotong royong seluruh komponen bangsa, dan apa yang telah dilakukan oleh Presiden Jokowi di dalam mengatasi pandemi sudah pada trek yang benar," lanjut Hasto.

Hasto mengatakan, dalam pertemuan itu, Jokowi memaparkan hasil kerja sama dengan para lembaga tinggi negara terkait penanganan COVID, baik dari segi infrastruktur kesehatan maupun pertumbuhan ekonomi.

"Seluruh ketum parpol yang hadir, dengan membandingkan apa yang terjadi di Indonesia dengan negara-negara besar lain, seperti Amerika Serikat, India, Jerman, Brasil, dan lain-lain, serta melihat kesungguhan pemerintah di dalam menangani pandemi, terus memberikan dukungan bagi kebijakan Presiden Jokowi," ujarnya.

"Termasuk di dalam mendorong pergerakan pertumbuhan perekonomian nasional. Bagaimanapun, meski pandemi masih sulit diprediksi kapan berakhir, keseimbangan antara penerapan PPKM di beberapa wilayah dengan pertumbuhan perekonomian terus dilakukan, terutama memastikan bagaimana negara hadir dengan mendorong perekonomian rakyat," imbuh Hasto.

Selain itu, menurut Hasto kehadiran PAN dalam pertemuan itu membuktikan semangat gotong royong membangun kerja sama. Hasto lantas menyebut PAN memberikan energi positif bagi konsolidasi pemerintahan Presiden Jokowi dan Ma'ruf Amin yang sangat penting di tengah pandemi.

"Dari dialog ketum parpol dengan Presiden Jokowi, selain memperkuat optimisme, juga merupakan tradisi baik dalam demokrasi Pancasila," ujarnya.


(dwia/dwia)