Polisi Dalami Kemungkinan Pihak Lain Bantu Sembunyikan Muhammad Kece

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Rabu, 25 Agu 2021 19:43 WIB
Muhammad Kece
Muhammad Kece (Dok. YouTube Muhammad Kece)
Jakarta -

YouTuber Muhammad Kece ditangkap di Bali oleh Dittipidsiber Bareskrim Polri kemarin malam di tempat persembunyiannya. Polisi tengah mengusut kemungkinan ada pihak yang membantu Muhammad Kece bersembunyi.

"Masih didalami. Penyidik akan gali apakah dia melakukan itu sendiri, atau ada pihak-pihak yang bantu melakukan, pasti nanti didalami penyidik," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono dalam jumpa pers di kantornya, Jakarta Selatan, Rabu (25/8/2021).

Rusdi menjelaskan hanya Muhammad Kece yang ditangkap dalam penangkapan itu. Dia menyebut Muhammad Kece dalam kondisi sendirian saat ditangkap di Bali.

"Tentunya dilihat dari peristiwa, setelah muncul di masyarakat tidak ada upaya dari yang bersangkutan untuk bisa mengklarifikasi terhadap masalah ini ke penyidik. Jadi, penyidik lakukan penangkapan di tempat persembunyiannya di Bali," ucap Rusdi.

"(Di) tempat persembunyiannya sendiri," sambungnya.

Lebih lanjut, kata Rusdi, Muhammad Kece membuat video yang membuat masyarakat gaduh itu di Bali. Maka dari itu penyidik bisa mengidentifikasi Muhammad Kece walau sedang bersembunyi.

"Ketika posting-an video yang menjadi gaduh tersebut, penyidik telah melakukan identifikasi dan yang bersangkutan ada di Bali. Jadi peristiwa itu dilakukan, dilakukannya di Bali, pada salah satu tempat persembunyian yang bersangkutan di sekitar Badung, Bali," imbuh Rusdi.

Sebelumnya, tersangka kasus dugaan penistaan agama YouTuber Muhammad Kece diciduk Dittipidsiber Bareskrim Polri tadi malam di Bali. Polisi menggali motif Muhammad Kece diduga menghina agama Islam.

"Nanti itu didalami lagi motifnya apa yang bersangkutan membuat satu konten video yang di-posting di YouTube," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono kepada wartawan, Rabu (25/8).

"Ini nanti akan didalami penyidik. Nanti pasti kita ketahui bersama motif apa daripada yang bersangkutan membuat satu konten dan di-posting di YouTube," sambungnya.

Simak video 'YouTuber Muhammad Kace Terancam Hukuman 6 Tahun Penjara!':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/lir)