Gubsu Edy Kenang Sosok Haji Anif: Kedermawanannya Tak Diragukan

Ahmad Arfah Fansuri - detikNews
Rabu, 25 Agu 2021 14:00 WIB
Wagub Sumut Musa Rajekhshah (Ijeck) dan ayah, Haji Anif (tengah) (Diskominfo Sumut)
Wagub Sumut Musa Rajekhshah (Ijeck) dan ayah, Haji Anif (tengah). (Diskominfo Sumut)
Medan -

Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi menyampaikan duka cita atas meninggalnya ayah dari Wagub Sumut Musa Rajekhshah (Ijeck), Haji Anif. Edy mengatakan Haji Anif merupakan salah satu putra terbaik Sumut.

"Beliau merupakan salah satu putra terbaik yang dimiliki bangsa ini, khususnya di Sumatera Utara," tulis Edy di Instagram miliknya seperti dilihat detikcom, Rabu (25/8/2021).

Edy kemudian memuji kedermawanan Haji Anif. Almarhum memiliki sebuah yayasan yang sering memberikan bantuan kepada masyarakat.

"Kemurahan hati serta kedermawanannya, khususnya di bidang sosial, sudah tidak perlu diragukan lagi," tulis Edy.

Edy mengatakan masyarakat Sumut bakal kehilangan sosok Haji Anif yang kerap membantu melalui yayasan sosial miliknya. Edy berharap keluarga yang ditinggalkan dapat diberi ketabahan.

"Semoga almarhum memperoleh tempat yang mulia di sisi Allah SWT," tulis Edy.

Di rumah duka almarhum Haji Anif, Edy juga terlihat datang untuk melayat. Edy sempat pergi untuk mengikuti rapat tentang pengendalian inflasi yang digelar Kemendagri, dia kemudian kembali saat Haji Anif akan dikubur.

Selain Edy, Pangdam I/BB Mayjen Hasanuddin dan sejumlah pejabat dari Pemprov Sumut juga hadir di rumah duka. Ada juga terlihat sejumlah pengurus dari Partai Golkar Sumut.

Sebelumnya diberitakan, ayah dari Wagub Musa Rajekshah atau Ijeck, Haji Anif, meninggal dunia. Almarhum wafat pada usia 82 tahun.

"Innalillahi wa innailaihi rajiun. Telah berpulang ayahanda kami bapak H Anif," kata Wagub Ijeck.

Ijeck mengatakan Haji Anif meninggal sekitar pukul 04.16 WIB tadi. Almarhum H Anif akan dimakamkan siang ini di area Masjid Al Musanif.

"Mohon dimaafkan salah dan khilaf almarhum ayahanda kami. Semoga Allah SWT mengampuni dosa almarhum ayahanda, diterima seluruh amal ibadah dan kebaikannya, diringankan yaumul hisabnya, dilimpahkan keberkahan kepadanya, serta diterangkan dan dilapangkan kuburnya," ucapnya.

Haji Anif dikenal sebagai pengusaha di Sumatera Utara. Semasa hidup Haji Anif kerap memberi sumbangan untuk kegiatan agama hingga pendidikan, termasuk sejumlah gedung perkuliahan, salah satunya di Universitas Sumatera Utara (USU). Haji Anif juga rutin menggelar MTQ untuk memperingati ulang tahunnya.

(jbr/jbr)