Bupati Kebumen Malam-malam Blusukan ke Rumah Warga, Ada Apa?

Rinto Heksantoro - detikNews
Rabu, 25 Agu 2021 10:48 WIB
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto memberi kejutan dengan mendatangi salah satu rumah warga malam tadi. Tak hanya itu, bupati juga memasak nasi goreng untuk dimakan bersama, sembari mengimbau tetap jaga prokes sekaligus membagikan sembako untuk warga sekitar.
Foto: Dok. Istimewa
Kebumen -

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto malam-malam blusukan ke rumah warga. Tak hanya itu, dia juga memasak nasi goreng untuk dimakan bersama, sembari mengimbau tetap jaga prokes sekaligus membagikan sembako untuk warga sekitar.

Sri Rohana (45) seorang petugas kebersihan yang setiap hari bertugas menyapu kawasan alun-alun Kebumen tak pernah menyangka rumahnya yang terletak di Desa Murtirejo, RT 01/ RW 05, Kecamatan Kebumen, bakal didatangi Bupati Kebumen pada Selasa (24/8/2021) malam tadi.

Ia sama sekali tidak tahu jika rumahnya bakal didatangi orang nomor satu di Kebumen ini. Bahkan yang lebih mengejutkan lagi, Arif membawa peralatan memasak lengkap dengan bahan-bahan untuk membuat nasi goreng.

"Ya saya nggak menyangka bapak bupati mau ke sini ke gubuk kami. Soalnya nggak ada yang ngasih tahu, jadi tidak ada persiapan apa-apa. Mungkin ini kejutan kali," ujar Rohana.

Arif datang dengan niat ingin memasak nasi goreng untuk keluarga Rohana. Bagi Rohana, hal itu adalah suatu kehormatan, karena dia belum pernah mendengar cerita ada seorang bupati masak untuk warganya dengan datang ke rumahnya langsung.

"Ya baru kali saya tahu ada bupati masakin nasi goreng buat warganya. Alhamdulillah terimakasih banget atas perhatiannya kepada kami, semoga bapak bupati sehat selalu," lanjutnya.

Saat ditanya soal rasa, Rohana mengaku masakan nasi goreng bupati enak. "Enak sih bumbunya terasa, pedesnya sedang, tidak terlalu asin. Apalagi kalau tambah pete tambah enak jadinya," tambahnya.

Sementara itu, Arif menyampaikan bahwa kedatangannya ke rumah-rumah warga sebenarnya bukan hal yang baru baginya. Sebelum menjadi bupati, Arif memang gemar silaturahmi datang ke rumah teman dan saudara-saudaranya.

"Waktu masih muda saya juga senang datang silaturahmi ke rumah teman dan saudara, sehingga kita bisa saling tahu kabar kita masing-masing. Persaudaraan kita juga semakin erat," ucap Arif Sugiyanto.

Sebelum mendatangi kediaman Rohana, Arif menambahkan, pernah beberapa kali mengamati ada ibu-ibu yang sedang bekerja membersihkan alun-alun Kebumen di saat pagi buta. Ibu itu ternyata adalah Sri Rohana yang sudah delapan tahun menjadi tenaga harian lepas sebagai petugas kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup (LH).

"Malam ini sengaja saya datang ke rumah Ibu Rohana, ibu ini sering saya lihat pagi-pagi buta sudah di alun-alun nyapu jalan. Jadi setiap hari ini ibu ini berangkat sebelum subuh dari rumahnya untuk membersihkan alun-alun. Sudah delapan tahun ini lakoni," kata Arif melanjutkan.

Adapun keinginannya memasak nasi goreng, Arif mengaku ini merupakan inisiatifnya sendiri. Semua peralatan memasak baru saja dibeli, termasuk bahan-bahannya. Apa yang dilakukan Arif ini adalah sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi dan kinerja salah seorang warganya.

"Mungkin ke depan yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kesejahteraannya. Minimal sekali gajinya sesuai UMR. Syukur bisa di atas UMR. Sistem kontraknya juga harus langsung dengan Pemda, tidak melalui pihak kedua dan ketiga. Biar tidak ada pemotongan. Nah ini saya minta untuk dikaji dan diperhatikan lagi," terangnya.

Kedatangan bupati tersebut menarik perhatian warga sekitar. Warga lain kemudian diajak ikut makan nasi goreng bersama. Selain memberikan paket sembako untuk dibagikan kepada warga sekitar, Arif juga mengimbau agar warga tetap patuh protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19.

"Saya imbau masyarakat tidak abai dan tetap patuh terhadap prokes dengan melakukan 5 M yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi," tandasnya.

(akd/ega)