Round-Up

Mesra Jokowi-Prabowo di Tengah Pertemuan Elite PDIP-Gerindra

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 25 Agu 2021 06:47 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto melakukan kunjungan ke wilayah Kalimantan Timur (Kaltim). Kemesraan Jokowi dan Prabowo saat kunjungan ke Kaltim waktunya berbarengan dengan pertemuan petinggi PDIP dan Gerindra di Jakarta.

Kunjungan Jokowi ke Kaltim juga turut didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, hingga Gubernur Kaltim Isran Noor. Namun, Jokowi nampak mesra dengan Prabowo saat asyik ngobrol meninjau vaksinasi.

Pantauan detikcom dari YouTube Setpres, Selasa (24/8/2021), Jokowi tampak mengenakan kemeja putih dengan masker hitam. Sedangkan Prabowo tampak mengenakan baju safari berwarna cokelat dengan masker berselang atau masker HEPA filter atau high efficiency particulate air.

Kedua tokoh ini tampak berkeliling bersama melihat proses vaksinasi warga. Jokowi dan Prabowo juga kerap tertangkap kamera sedang berbincang berdua. Sedangkan Panglima TNI hingga Kapolri tampak berdiri beberapa langkah dari keduanya.

Jokowi dan Prabowo juga tampak meladeni warga yang ingin berfoto bersama mereka. Sebelum meninjau vaksinasi, Jokowi-Prabowo serta rombongan meninjau pelaksanaan vaksinasi pelajar di Samarinda dan meresmikan Tol Balikpapan-Samarinda terlebih dahulu.

"Alhamdulillah telah selesai seluruh ruas Jalan Tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 97,3 Km, telah tuntas diselesaikan, telah tuntas dikerjakan. Ini juga menjadi momen bersejarah karena Tol Balikpapan-Samarinda merupakan jalan tol pertama di Pulau Kalimantan yang patut kita syukuri," kata Jokowi.

Presiden Joko Widodo bersama Menhan Prabowo Subianto di KaltimPresiden Joko Widodo bersama Menhan Prabowo Subianto di Kaltim (dok. istimewa)

Kemesraan Jokowi dan Prabowo juga terjadi saat meninjau proses pembangunan ibu kota negara baru di Kaltim. Jokowi meninjau langsung sodetan aksen jalan menuju rencana ibu kota negara baru.

"Saya dengan Pak Menhan dengan Pak Menteri PUPR untuk melihat secara detail," kata Jokowi.

Jokowi menyebut untuk membangun ibu kota baru, hal yang paling penting untuk disiapkan adalah infrastruktur. Menurutnya, dengan turun langsung ke lapangan, dirinya akan lebih mudah untuk menentukan titik-titik pembangunan infrastruktur itu.

"Ya kita melihat ini lebih detail lagi, karena untuk membangun ibu kota baru itu yang paling penting adalah infrastruktur menuju ke sana dulu untuk nanti membawa logistik," ucap Jokowi.

Sementara itu, Prabowo menyebut rencana pemindahan ibu kota negara itu sudah disiapkan dengan sangat matang. Kajian studinya pun sudah banyak dilakukan.

"Saya sangat mendukung, menyarankan ke presiden bahwa kita harus teruskan, saran saya. Dan Menteri PU juga sudah meyakinkan bahwa ini memang persiapannya sudah sangat matang," ucap Prabowo.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: