Prabowo Dukung Jokowi Pindahkan Ibu Kota: Kita Harus Ada Keberanian

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 24 Agu 2021 22:56 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (Foto: dok. istimewa)
Jakarta -

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau proses pembangunan ibu kota negara baru di Kalimantan Timur (Kaltim). Prabowo mendukung Jokowi dalam rencana pemindahan ibu kota negara itu.

Prabowo menyebut pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kaltim merupakan langkah strategis. Menurutnya, hal itu demi memisahkan pusat pemerintahan dengan pusat industri dan perdagangan.

"Saya menyampaikan saran ke Presiden bahwa ini strategis, bahwa kita harus ada keberanian untuk memindahkan ibu kota, memisahkan pusat pemerintahan dari pusat keuangan, perdagangan, industri," kata Prabowo dalam siaran yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (24/8/2021).

Prabowo mengatakan rencana pemindahan ibu kota negara itu sudah disiapkan dengan sangat matang. Kajian studinya pun sudah banyak dilakukan.

"Saya sangat mendukung, menyarankan ke Presiden bahwa kita harus teruskan, saran saya. Dan menteri PU juga sudah meyakinkan bahwa ini memang persiapannya sudah sangat matang," ucap Prabowo.

Sementara itu, Gubernur Kaltim Isran Noor memastikan tak ada masalah dengan lahan yang dipakai untuk pembangunan infrastruktur di Kaltim. Dia memastikan pemerintah daerah akan mendukung pembangunan itu.

"Kalau dukungan pemerintah, pasti sudah sangat kami lakukan, kepada masyarakat bersama-sama dan kawasan ini adalah kawasan hutan dan lahan negara. Jadi tidak ada masalah dengan masalah lahan," ujarnya.



Simak Video "Kala Prabowo Dukung Jokowi Pindahkan Ibu Kota: Teruskan Pak!"
[Gambas:Video 20detik]
(fas/mae)