Pekanbaru Masih PPKM Level 4, Gubernur Riau Minta Warga Lebih Taat Prokes

Raja Adil Siregar - detikNews
Selasa, 24 Agu 2021 17:40 WIB
Gubernur Riau, Syamsuar (Raja-detikcom)
Gubernur Riau Syamsuar (Raja/detikcom)
Pekanbaru -

Tiga daerah di Riau tidak lagi masuk dalam wilayah kategori PPKM level 4 dan dinyatakan turun ke PPKM level 3. Tinggal Kota Pekanbaru yang berstatus PPKM level 4.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan tiga daerah yang turun level adalah Kota Dumai, Rokan Hulu, dan Siak. Tiga daerah itu sebelumnya berstatus PPKM level 4.

"Tiga daerah itu sekarang sudah turun ke level 3. Tinggal Pekanbaru saja lagi yang berstatus level 4," kata Syamsuar kepada wartawan, Selasa (24/8/2021).

Dia berharap level PPKM di Pekanbaru juga bisa turun. Syamsuar meminta masyarakat lebih taat protokol kesehatan.

"Kita mau Pekanbaru juga bisa turun level dalam waktu yang tidak lama. Masyarakat juga harus lebih taat lagi dengan protokol kesehatan agar status turun," katanya.

Dia menilai PPKM level 3 dan 4 cukup efektif menekan penularan COVID-19 pada tingkat nasional dan daerah. Menurutnya, hal itu bisa dilihat dari tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR) untuk penanganan pasien Corona.

"Sekarang keterisian tempat tidur di rumah sakit menurun. BOR sekarang sudah 45 persen, dari yang awalnya BOR kita mendekati 80 persen dan ini berkat PPKM," ujarnya.

Angka kesembuhan pasien COVID-19 di Riau juga naik menjadi 89 persen. Pasien terkonfirmasi COVID-19 berjumlah 119.643 kasus.

Jumlah itu terdiri atas pasien yang isolasi mandiri 7.599 orang, rawat inap di RS 879 orang, sembuh 107.662 orang, dan 3.503 meninggal dunia.

(ras/haf)