Hendak Rampok dan Perkosa Mahasiswa, Pria di Makassar Ditangkap

Reinhard Soplantila - detikNews
Selasa, 24 Agu 2021 03:55 WIB
Makassar -

Unit Reskrim Polsek Tamalanrea menangkap Andi (27), seorang pria yang melakukan perampokan terhadap seorang mahasiswi di sebuah rumah kos kota Makassar, Sulsel. Selain melakukan perampokan, pelaku juga nyaris memperkosa korban sebelum aksinya digagalkan oleh warga sekitar yang memergoki aksinya.

Peristiwa tersebut diketahui terjadi di Jalan Poli Tehnik, Kecamatan Tamalanrea, Makassar. Anggota yang menerima laporan langsung mendatangi TKP dan mendapati pelaku sedang berada di dalam kamar korban dengan masih memegang senjata tajam jenis pisau.

"Kami menerima informasi telepon dari masyarakat bahwa ada percobaan pemerkosaan jadi kami Unit Khusus segera meluncur ke sana di jalan Politeknik di sebuah kos putri. Setelah kami datangi kami mendapati lelaki ini sementara di dalam rumah dan memegang sebilah pisau," ujar Panit 2 Reskrim Polsek Tamalanrea, Ipda Iqbal Koeman, pada Selasa (24/8/2021).

Pelaku yang berhasil ditangkap, langsung dibawa dan diamankan ke Mapolsek Tamalanrea untuk diinterogasi. Pelaku mengakui aksinya tersebut dengan mencekik leher korban dan meminta sejumlah uang korban.

"Setelah kami amankan pelaku ini dan kami amankan di kantor, kami interogasi bahwa benar (pelaku) mencekik (korban) dan meminta uang kepada salah satu penghuni kos putri tersebut," kata Iqbal.

Terkait dengan pemerkosaan tersebut, pelaku disebut tidak sempat melakukan aksinya lantaran telah terlebih dahulu dipergoki oleh tetangga korban yang mendengar teriakan korban. Namun, polisi masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait percobaan pemerkosaan yang diindikasi juga akan dilakukannya.

"Untuk sementara kami masih mendalami keterangan saksi-saksi dan keterangan tersangka sendiri," sebut Iqbal.

Berdasarkan keterangan pelaku, dirinya masuk ke dalam kamar kos korban melalui pintu kamarnya. Namun, pelaku yang kemudian dipergoki korban beralasan dirinya menanyakan terkait motor korban yang diparkir di halaman rumah kos itu.

"Kalau menurut keterangan saksi, kalau pelaku masuk melalui pintu sementara korban tidak mengetahui bahwa lelaki ini ada di dalam kamar," ungkap Iqbal.

(lir/lir)