Baru 6 Ribu Nakes Divaksin COVID Dosis Ketiga di Riau dari Target 32 Ribu

Raja Adil Siregar - detikNews
Senin, 23 Agu 2021 15:22 WIB
Ilustrasi Vaksin COVID-19
Ilustrasi vaksin (Foto: dok Kaspersky)
Pekanbaru -

Vaksinasi dosis ketiga atau booster untuk tenaga kesehatan (nakes) di Riau masih terus dilakukan. Baru 6 ribu nakes yang sudah disuntik vaksin dosis ketiga.

"Vaksinasi untuk dosis ketiga bagi tenaga kesehatan di Riau masih berjalan. Sampai saat ini sudah ada 18,2 persen atau 6.005 nakes divaksin ketiga," ucap Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir, Senin (23/8/2021).

Mimi mengatakan jumlah target sasaran vaksin booster di Riau mencapai 32.923 orang. Mereka adalah tenaga kesehatan yang bertugas di rumah sakit dan fasilitas kesehatan di Riau.

Vaksin Corona dosis ketiga ini diberikan kepada nakes menggunakan vaksin Moderna. Hal ini ditujukan untuk memberikan perlindungan tambahan kepada nakes.

"Harapan kita dengan diberikannya vaksin ketiga ini bisa menambah kekebalan tubuh bagi nakes kita. Sehingga mereka bisa lebih aman saat bertugas dan terhindar dari penularan virus COVID-19," kata Mimi.

Dia mengatakan vaksinasi dosis pertama dan kedua bagi nakes telah melebih target. Mimi berharap hal itu bisa mencegah para nakes dari infeksi virus Corona.

"Untuk vaksinasi dosis pertama sebanyak 36.479 lebih atau 110,8 persen. Kemudian untuk vaksinasi dosis tahap II sebesar 34.047 orang atau sekitar 103,4 persen," katanya.

Mimi juga menjelaskan vaksinasi untuk kategori lainnya. Vaksinasi bagi masyarakat lanjut usia (lansia) baru mencapai 15,09 persen dari target. Sementara, vaksinasi untuk pelayan publik dengan sasaran 349.418 orang telah divaksin lebih dari 100 persen.

(ras/haf)