Golkar 'Sentil' Etika Pembangunan Rumah Dinas Bupati PPU Habis Rp 34 M

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Senin, 23 Agu 2021 13:37 WIB
Zulfikar Arse Sadikin
Zulfikar Arse Sadikin (Dok. Pribadi)
Jakarta -

Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Abdul Gafur Mas'ud (AGM) membangun rumah dinas bupati yang saat ini telah menelan biaya kurang-lebih Rp 34 M. Partai Golkar 'menyentil' soal etika pembangunan rumah dinas Bupati PPU.

"Kalau menilik Kabupaten PPU belum punya rumah dinas untuk bupati/wakil bupati, wajar bila ada ikhtiar untuk membangun. Tentu pembangunan tersebut sudah direncanakan sedemikian rupa dan dianggarkan secara multi-year," kata Ketua DPP Golkar, Zulfikar Arse Sadikin kepada wartawan, Senin (23/8/2021).

Soal biaya pembangunan rumah dinas yang mencapai puluhan miliar, Zulfikar bicara soal fungsinya. Anggota Komisi II DPR RI ini menyoroti etika pembangunan rumah dinas Bupati PPU yang dilakukan saat pandemi Corona.

"Terkait dengan jumlah biaya yang dianggarkan, harus dilihat secara teknis dan fungsi. Namun demikian di tengah kondisi kita saat ini, pertimbangan etis juga sangat ditekankan," ujarnya.

Pembangunan rumah dinas Bupati PPU ini menurut Zulfikar bisa menjadi pembelajaran seluruh pihak. Anggaran yang digunakan pemerintah daerah diharapkan dapat memenuhi sejumlah unsur.

"Oleh karena itu, untuk tahun-tahun ke depan, pengalaman ini harus menjadi cambuk pembelajaran bagi kita semua, terutama eksekutif agar pengelolaan anggaran semakin transparan, akuntabel, aspiratif, responsif, dan prioritas dengan mengedepankan aspek kepatutan," imbuhnya.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: