Soetrisno Bachir Ingin PAN Buat Lompatan Jauh Tanpa Amien Rais

Tim detikcom - detikNews
Senin, 23 Agu 2021 13:13 WIB
Soetrisno Bachir
Soetrisno Bachir (Foto: KEIN)
Jakarta -

Partai Amanat Nasional (PAN) merayakan hari jadinya ke 23 tahun hari ini. Di momen tersebut, Ketua Dewan Kehormatan PAN, Soetrisno Bachir meminta semua kader tetap kompak dan istiqomah pada perjuangan partai.

"Kadang kita bisa terombang-ambing sebagai parpol karena masalah pragmatis, kita hari ini istiqomah sebagai partai reformasi karena banyak ajakan dan godaan bahkan janji-janji yang akan menyimpang dari tujuan besar PAN," kata Soetrisno dalam sambutannya di acara HUT ke-23 PAN, Senin (23/8/2021).

"Saya sangat optimis karena kami, Ketum, Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP), itu selalu berkomunikasi aktif, sehingga tidak ada gep dan kebijakan partai yang berjalan sendiri, itulah kekuatan kita sekarang ini," lanjut Soetrisno.

Soetrisno menyinggung pendiri PAN Amien Rais yang telah keluar dari partai. Dia meminta semua kader menghormati keputusan Amien Rais dan mengambil hikmah dibalik hal itu.

"Refleksi 23 tahun saya ingin katakan kita ada era baru ke depan, minimal era Bang Zul ini yaitu dengan bersama mantan ketum untuk membesarkan PAN. Karena kita harus realistis melihat partai kita sampai sekarang ini. Pendiri tokoh kita Pak Amien Rais sudah di luar partai kita. Itu adalah fakta yang harus kita terima, tapi itu justru gimana kita belajar dari PAN Amien Rais maupun sekarang dengan tidak bersama Pak Amien Rais sebagai tokoh kharismatis tokoh pendiri PAN," ujarnya.

Soetrisno meminta semua kader untuk membuat lompatan jauh tanpa adanya Amien Rais. Dengan memaksimalkan program dan kerja partai hingga 2024.

"Sehingga saya ingin lebih menekankan bagaimana kerja-kerja, program-program minimal sampe 2024 harus tertuang secara detail dibandingkan dengan sebelumnya, waktu itu ada tokoh kharismatis, sekarang justru ini adalah mungkin ada hikmah. Sekarang tidak ada tokoh kharismatis Pak Amien Rais tapi untuk menjadi kekuatan kita untuk menjalankan partai ini," ujarnya.

Soetrisno yakin PAN akan mencapai target di 2024 yakni minimal 60 kursi di parlemen. Dia berharap seluruh DPW bekerja dan membuat agenda rinci agar target itu terwujud.

"Saya yakin dengan hikmah yang ada sekarang itu kita akan membuat lompatan. Kemajuan seperti yang digariskan oleh saya Bang Hatta maupun Bang Zul, kalau kita di DPR harus minimal 60 kursi, kami yakin itu bisa tercapai," ujarnya.

"Saya harap DPW-DPW juga punya agenda detail untuk berapa kursi masing-masing yang anda harapkan. Sebagai contoh DPW PAN Jawa Timur sangat yakin akan mendapat 9 kursi, dengan detail dia bisa menyampaikan, demikian juga dengan DPW lain," tutur Soetrisno.

Lihat juga video 'PAN Tolak Fasilitas Anggota DPR Isoman di Hotel: Mereka Mampu Urus Diri':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/tor)