Sederet Saran Anggota DPR Jika PPKM Diperpanjang Lagi

Farih Maulana Sidik - detikNews
Senin, 23 Agu 2021 07:53 WIB
Ketua DPP PAN, Saleh Partaonan Daulay (Rahel/detikcom)
Foto: Ketua DPP PAN, Saleh Partaonan Daulay (Rahel/detikcom)
Jakarta -

PPKM belum ditentukan nasibnya usai masa perpanjangannya akan habis hari ini. Namun jika kembali diperpanjang, ada sederet saran dari anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PAN Saleh Partaonan Daulay.

Saleh menyebut jika PPKM sedikitnya mampu mengubah keadaan, di mana ada penurunan dari orang yang terpapar, tingkat hunian di rumah sakit, juga tentu jumlah orang yang meninggal akibat dari COVID-19. Tetapi, kata dia, penerapan aturan PPKM selama ini memang masih belum sesuai ekspektasi.

"Kalau kita lihat efektivitas daripada PPKM itu sebetulnya sedikit membantu, tapi perlu sekali lagi harus disempurnakan dari waktu ke waktu. Karena faktanya masih banyak warga kita yang belum mengikuti seluruh protokol kesehatan yang memadai. Karena PPKM itu pada intinya adalah untuk "mendesak" masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan," kata Saleh kepada wartawan, Minggu (22/8/2021).

Dia mengatakan diterapkannya PPKM membuat masyarakat merasakan dampak tidak baik dari sisi ekonomi. Sebab, kata dia, pendapatan masyarakat berkurang karena aktivitas ekonomi yang dibatasi saat PPK.

"Apalagi mereka yang usaha menengah ke bawah. Karena itu PPKM ini perlu dipikir ulang lagi bagaimana agar PPKM ini sama-sama menguntungkan," ujarnya.

Minta Gebrakan Agar Sekolah Tatap Muka

Saleh berharap jika PPKM diperpanjang, ada gebrakan yang dilakukan pemerintah. Salah satunya terkait kebijakan sekolah yang diharapkan sudah mulai bisa belajar tatap muka.

"Hari ini kita hampir setahun setengah pendidikan kita lewat virtual, saya melihat sudah ada titik jenuh di kalangan siswa, guru, dan juga penyelenggara pendidikan. Kenapa tidak? Karena orang bayangkan sekarang orang sehari-hari itu belajar di depan laptop, handphone dan itu kadang-kadang sangat melelahkan," ucapnya.

Simak juga video 'Wagub DKI Ungkap Alasan Jakarta Masih PPKM Level 4':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya: