Round-Up

Klaim Jakarta Penuhi Herd Immunity Dikritisi Pakar Epidemiologi

Tim detikcom - detikNews
Senin, 23 Agu 2021 07:46 WIB
Corona Viruses against Dark Background
Foto: Getty Images/loops7
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut Jakarta sudah berstatus zona hijau COVID-19 dan memenuhi kekebalan komunitas atau herd immunity. Epidemiologi mengkritik pernyataan Riza.

"Kita bersyukur Jakarta sudah masuk zona hijau dan sudah memenuhi herd immunity," kata Riza di Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta Selatan, Minggu (22/8/2021).

Riza meminta warga tetap mengutamakan protokol kesehatan saat berkegiatan. Apalagi, sejumlah sektor di Jakarta sudah dilakukan penyesuaian selama PKKM Level 4 ini.

"Kami minta semua warga tetap disiplin patuh dan taat, tetap berada di rumah sebagai tempat terbaik laksanakan protokol kesehatan 5M secara disiplin dan patuh laksanakan PPKM level 4 dengan penuh rasa tanggung jawab. Jadikan prokes sebagai kebutuhan kita sehari-hari," ujarnya.

Riza juga turut melaporkan capaian program vaksinasi COVID-19 di Jakarta. Sejauh ini, lanjut Riza, warga yang telah menerima vaksin dosis pertama sebanyak 9,3 juta orang dan 4,7 juta warga disuntik vaksin kedua.

"Dosis 1 dan 2 sudah lebih dari 14 juta. Kita sudah melebihi target jauh dari 8,8 juta," jelasnya.

Dari 9,3 juta yang divaksin, Riza mengakui 40 persen diantaranya merupakan warga non DKI. Untuk itu, kini pihaknya merubah target vaksinasi COVID-19 dari sebelumnya 8,8 juta menjadi 11 juta.

"Kami pemprov, Pak Gubernur meningkatkan target vaksin menjadi 11 juta," jelasnya.

Lihat juga video 'Masihkah Relevan Angka 70% Populasi Divaksinasi untuk Capai Herd Immunity?':

[Gambas:Video 20detik]



Apa kata Epidemiologi? Selengkapnya di halaman berikut...