Wagub Sebut Jakarta Sudah Zona Hijau, PDIP: Jangan Prematur!

Farih Maulana Sidik - detikNews
Senin, 23 Agu 2021 06:37 WIB
Anggota DPRD Fraksi PDIP Jhonny Simanjuntak
Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDIP Jhonny Simanjuntak (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta -

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan Jakarta kini sudah berstatus zona hijau COVID-19. Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDIP Jhonny Simanjuntak menilai pernyataan Riza hanya klaim prematur.

"Saya pikir untuk sampai pada penilaian tersebut memang harus betul-betul datanya harus sah. Klaim-klaim seperti itu maksudnya jangan terlalu prematur," kata Jhonny kepada wartawan, Minggu (22/8/2021).

Bukan tanpa alasan, Jhonny menyebut pihaknya menemukan di beberapa wilayah DKI Jakarta, banyak masyarakat yang belum divaksinasi COVID-19. Menurutnya, banyak juga masyarakat yang divaksin di Jakarta ternyata bukan warga yang berdomisili di DKI.

"Tolong klaim seperti ini jangan terlalu cepat dilontarkan. Saya juga bergerak di masyarakat bawah, karena banyak data-data yang kita dapatkan itu juga adalah yang divaksin di Jakarta ini bukan warga DKI Jakarta. Terbukti kayak banyak orang-orang yang datang dari Bekasi dan sebagainya," ucapnya.

Jhonny khawatir klaim Wagub yang terlalu dini itu membuat warga terlena. Dia khawatir mobilitas masyarakat di Jakarta menjadi tak terkendali karena menganggap telah menjadi zona aman COVID-19.

"Ini paling tidak kalau hitung-hitungan saya itu sesudah di September baru kita bisa klaim seperti itu, kalau sekarang belum. Saya khawatir dengan ini artinya jadi lengah lagi, masyarakat lagi lengah," ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengklaim Jakarta sudah berstatus zona hijau COVID-19. Riza menyebut perubahan zona ini seiring dengan percepatan vaksinasi Corona di Ibu Kota sehingga tercipta kekebalan komunitas atau herd immunity.

"Kita bersyukur Jakarta sudah masuk zona hijau dan sudah memenuhi herd immunity," kata Riza di Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta Selatan, Minggu (22/8).

Kendati demikian, Riza meminta agar warga tak abai dengan protokol kesehatan COVID-19. Dia mengimbau agar warga menjadikan prokes sebagai kebutuhan sehari-hari.

"Kami minta semua warga tetap disiplin patuh dan taat, tetap berada di rumah sebagai tempat terbaik laksanakan protokol kesehatan 5M secara disiplin dan patuh laksanakan PPKM level 4 dengan penuh rasa tanggung jawab. Jadikan prokes sebagai kebutuhan kita sehari-hari," ujarnya.

(fas/gbr)